Pengrajin Ukir Kayu Pemalang Mampu Tembus Pasar Internasional

0
447
Salah satu produk kerajinan ukir kayu dari Udin Khalidin

Pemalang, Harian Pemalang – Ketika orang bilang seni ukir kayu tentunya akan merujuk kota Jepara, Jawa Tengah ataupun Ubud Bali walaupun di berbagai kota dan daerah lain juga mempunyai seni ukir kayu yang memiliki ciri khas masing masing. Hal ini juga termasuk di Pemalang, walaupun pelaku seni ukir kayu tidak banyak tetapi memiliki mutu yang dapat dibanggakan.

Salah satunya Udin Khalidin, warga desa pedurungan, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang yang mengeluti seni ukir kayu dengan ciri khas berbahan akar kayu jati. Menurut Udin, ketika di jumpai di studio nya yang menarik, menuturkan
memilih bahan akar kayu jati karena akar kayu ini mempunyai tekstur permukaan yang lembut, pori-pori relatif kecil, mudah dibentuk, mempunyai daya tahan yang tinggi sehingga sangat sesuai dengan cara pemberian motif untuk produk ukiran kayu. Berbagai motif yang telah dibuat antara lain motif ukiran naga, iguana, ular dan lain – lain disamping itu juga menerima motif sesuai dengan pesanan.

Menurut pengrajin yang dijuluki Kidal ini menuturkan konsumen yang memesan kerajinannya kebanyakan berasal dari luar Kabupaten Pemalang antara lain Tegal, Jakarta, Bali bahkan sampai ke mancanegara seperti Amerika Serikat.

Beberapa harapan Udin terhadap dukungan pemerintah, berkaitan dengan produknya antara lain diberikannya akses dalam pengiriman produk ke luar negeri, pendampingan terhadap pembayaran antar bank yang menurut dia masih membingungkan dan berbelit, serta ketersediaanya bahan baku akar kayu jati yang semakin sudah didapat. (Red.HP)

Penulis : M. Arif Marko
Editor : Sarwo Edy

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 + four =