Kus Umar Hasan Dilantik Menjadi Anggota DPRD Pemalang, Gantikan Suwatno

0
430
Pengambilan Sumpah Kus Umar Hasan, SE sebagai pengganti antar waktu anggota DPRD Kabupaten Pemalang

Pemalang, Harian Pemalang – Pertempat di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Jum’at(16/12/2016) Kus Umar Hasan, SE mengucapkan sumpah pengganti antar waktu(PAW) anggota DPRD Kabupaten Pemalang dari Fraksi PDI Perjuangan dalam rapat paripurna istimewa DPRD Kabupaten Pemalang mengantikan Suwatno yang diberhentikan dari keanggotaan partai.

Rapat paripurna istimewa yang dihadiri oleh Bupati dan Wakil Pemalang, Seluruh jajaran Forpimda, sekda dan para asisten sekda, para staf ahli Bupati, sekertaris DPRD, kepala badan/dinas/kantor dan bagian di lingkungan hidup pemerintahan, camat se-kabupaten Pemalang, lurah se-kabupaten Pemalang, Ketua dan anggota KPU Se-kabupaten Pemalang dengan agenda rapat paripurna istimewa dalam rangka,” Pengucapan Sumpah Pengganti Antar Waktu Anggota DPRD Kabupaten Pemalang,” berjalan dengan aman dan tertib sesuai dengan apa yang diharapkan.

Mengawali rapat tersebut Ketua DPRD kabupaten Pemalang KRT. HM, Agus Sukoco Hadinegoro, SE, MM menyampaikan, berdasarkan PP no: 16 thn 2010 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan DPRD, pasal 102 ayat(1) :anggota DPRD berhenti antar waktu karena meninggal dunia, mengundurkan diri, atau diberhentikan, selanjutnya pimpinan DPC PDIP Pemalang menyampaikan surat no:210.26/DPC/perm/X/2016 tgl 26/10/2016 perihal permohonan pemberhentian Anggota DPRD dan usulan DPRD Pengganti antar waktu atas nama KUS Umar Hasan, SE menggantikan sdr. Suwatno yang diberhentikan dari keanggotaan partai sebagaimana keputusan DPP PDI-Perjuangan No:163/KPTS/DPP/IX/2016 tanggal 22 September 2016 tentang pemecatan Suwatno dari ke anggotaan PDI-Perjuangan, Kemudian menyampaikan usulan pemberhentian dan PAW anggota DPRD kepada Gubernur Jawa Tengah melalui melalui Bupati Pemalang dengan nomer surat: 172.1/4035 tanggal 8 November 2016, Atas dasar usulan tersebut Gubernur Jawa Tengah mengeluarkan keputusan No: 170/127 tahun 2016 tanggal 7 Desember 2016 tentang peresmian pemberhentian dan peresmian pengangkatan pengganti antar waktu anggota DPRD Pemalang berdasarkan keputusan Gubernur Jawa Tengah menetapkan meresmikan pemberhentian Sdr Suwatno sebagai Anggota DPRD Kabupaten Pemalang terhitung mulai tanggal ditetapkan SK, dan meresmikan pengangkatan sdr. Kus Umar Hasan, SE sebagai pengganti antar waktu. Anggota DPRD Kabupaten Pemalang dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, terhitung mulai tanggal pengucapan sumpah/janji, berdasarkan peraturan DPRD Kabupaten Pemalang NO: 1 tahun 2014 tentang tata tertib DPRD Pemalang pasal:12 ayat(2) menyebutkan anggota DPRD PAW sebelum memangku jabatan mengucapkan sumpah/janji dipandu oleh ketua/wakil ketua DPRD dalam rapat paripurna DPRD yang bersifat istimewa.

Setelah selesai prosesi pengambilan sumpah/janji sdr. Kus Umar Hasan, diakhir sidang tersebut, ketua DPRD Kabupaten Pemalang juga mengucapkan terima kasih kepada sdr. Suwatno atas konstribusi dan pengabdiannya selama menjadi anggota DPRD Kabupaten Pemalang dan kepada anggota yang baru disumpah sdr. Kus Umar Hasan, SE agar dapat segera melaksanakan tugas dan kewajiban sebaik-baiknya sesuai dengan kedudukan, wewenang, dan tanggung jawabnya yag diberikan dengan berpedoman pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.(Red.HP)

Penulis : Joko Longkeyang
Editor : Sarwo Edy

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × 2 =