Kado Tahun Baru, BBM Non Subsidi Naik Per 5 Januari 2017

0
312

Pemalang, Harian Pemalang – Mulai pada pukul 00.00 wib per kamis, 5 Januari 2017, kita jumpai kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU Pemalang telah mengalami penyesuaian harga kalau tidak mau disebut sebagai kenaikan harga. Produk produk BBM Pertamina non subsidi mengalami kenaikan harga sesuai dengan mekanisme pasar yang di anut oleh manajemen Pertamina pusat. Sedangkan BBM bersubsidi seperti Premium harga tidak mengalami kenaikan.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, penetapan harga BBM Umum jenis Pertamax, Pertamax Plus, Pertamax Turbo, Pertamina Dex, Dexlite, dan Pertalite, merupakan kebijakan korporasi, di mana review dilakukan secara berkala. Perubahan harga terhitung mulai pukul 00.00 WIB, tanggal 5 Januari 2017. Seperti yang di kutip dalam viva. co. id.

“Penyesuaian dilakukan sebesar Rp 300 per liter untuk seluruh jenis BBM umum di semua daerah,” ungkap Wianda dalam keterangan tertulisnya, Rabu malam, 4 Januari 2017.

Untuk harga Pertamax di Jawa-Bali ditetapkan sebesar Rp 8.050 per liter dari semula Rp 7.750 per liter. Adapun, di daerah yang sama, Pertalite menjadi Rp 7.350 per liter dari sebelumnya Rp7.050 per liter.

Pertamina Dex dilepas diharga Rp 8.400 per liter untuk wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat, serta Rp8.500 per liter untuk DI Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Dexlite yang menjadi pilihan baru untuk produk diesel ditetapkan menjadi Rp7.200 per liter untuk Jawa-Bali-Nusa Tenggara.

Adapun keputusan manajemen pusat Pertamina terkesan mendadak, karena pemerintah dalam hal ini menteri ESDM telah menyatakan tidak akan ada kenaikan BBM  di awal tahun 2017. Hal ini di ungkapan oleh
Area Manager Communication and Relation Pertamina Jawa Bagian Tengah, Suyanto.

Seperti yang dinyatakannya di semarangpos. com, yang membenarkan keputusan menaikkan harga BBM ini di luar kebiasaan perusahaan. Jika biasanya Pertamina menaikan harga BBM pada tanggal 1 atau 15, tapi kali ini dilakukan pada tanggal 5, ditetapkan secara mendadak pula.

“Kami belum bisa sebutkan alasannya karena itu keputusan dari Direktur Pertamina pusat. Tapi, kenaikan ini sebenarnya sudah diprediksi sejak jauh-jauh hari,” ujar Suyanto.

Meski terbilang mendadak, Suyanto yakin informasi tersebut akan diserap oleh semua stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di wilayah kerja Pertamina Pertamina Marketing Operation Regional (MOR) IV bagian Jawa Tengah (Jateng)-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dengan demikian, mulai Kamis dini hari, 770 SPBU di Jateng-DIY dipastikan akan memberlakukan harga baru untuk BBM non subsidi, seperi Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, Pertamina Dex, dan solar keekonomian.

Berikut ini daftar harga BBM non subsidi terbaru per tanggal 5 Januari 2017 pukul 00.00 WIB di Jawa Tengah :
Solar Keekonomian Rp7.000/liter
Pertalite Rp7.350/liter
* Pertamax Rp8.050/liter
* Pertamax turbo Rp9.100/liter
* Dexlite Rp7.200/liter
* Pertamina dex curah Rp8.500 per liter
Untuk harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi, yakni Premium tidak ada kenaikan, yakni tetap Rp6.550/liter. (Red.HP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 + 8 =