PM Fit Skala Indikator Keberhasilan Bisnis

0
116

Pemalang, Harian Pemalang – Geliat Kewirausahaan (enterpreneur) yang didegungkan oleh Masterpiece Success Learning melalui diskusi online dalam grup WhatsApp, telah masuki bahasan ke 4. Setelah membahas Design Thinking, Strategi Bisnis dan Model Bisnis, Selasa (31/1) mulai pukul 20.05 sampai selesai membahas Propisisi Nilai Pelanggan.

Dalam penjelasannya, Syaiful Milal sebagai narasumber mengemukakan, bahasan Propisisi Nilai Pelanggan cukup menarik, karena kebanyakan pengusaha pemula gagal bukan karena tidak mempunyai produk untuk dijual melainkan tidak cukup banyak pelanggan yang mau membeli produk yang ditawarkan.

Apa Proposisi Nilai Pelanggan atau lebih dikenal dengan PRoduk Market Fit yang disingkat disingkat PM Fit? PM Fit dapat diartikan ketika Pelanggan merasa puas dengan apa yang anda tawarkan dan mereka sadar bahwa yang anda tawarkan adalah produk yang mereka inginkan. Ini merupakan salah satu indikator keberhasilan tercapainya penjualan anda.

Proposisi Nilai Pelanggan atau Produk Market FIt itu seperti apa? Dapat diilustrasikan bahwa PM Fit tercapai apabila pelanggan anda sudah membeli produk anda sebanyak 3 kali atau pelanggan baru mencapai 100 orang dalam 7 hari dan seterusnya. Intinya bisa diukur, anda yang menentukan targetnya, menetapkan indikatornya. Misalnya Anda sudah menetapkan indikator keberhasilannya, contohnya anda menentukan target Pelanggan repeat order 3 kali dalam seminggu, ternyata hanya 2 kali repeat order maka Anda dikatakan belum berhasil dan harus cari cara agar PM Fitnya tercapai. Tentunya butuh kerja keras.

Bagaimana cara mencapai PM Fit ini. Jadikan usaha/bisnis anda di kategori yang memang sudah eksis dipasar dan mempunyai pasar dengan ukuran besar. Pasar besar ini dimaksud punya banyak ruang untuk menciptakan segementasi-segmentasi baru. Intinya Anda menciptakan segmentasi pasar baru dipasar yang besar yang memang sudah eksis. Hal ini dikenal dengan strategi Blue Ocean atau samudra biru. Cara sederhana menciptakan segmen baru yaitu dengan inovasi.

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar bisa mencapai PM Fit yaitu misal dengan melakukan mengganti orang yang tepat, memperbaiki kualitas produk atau pindah lokasi cari pasar baru. Jika memang sudah berhasil mencapai PM Fit maka waktunya scaling your business yaitu mempercepat pertumbuhan bisnis Anda.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencapai PM Fit:
1. Pendekatan Customer Development by Steve Blank
Ada 4 tahap dalam proses pengembangan pelanggan:
      a. Customer Discovery – Achieve Problen/Solution Fit
      b. Customer Validation – Achieve Produk/Market Fit
      c. Customer Creation – Drive Demand
      d. Customer Building – Scale the Company
Intinya bagaimana produk atau layanan kita mendapatkan respon bagus dari pelanggan.
2. Pendekatan The Startup Pyramid by Sean Ellis
beberapa hal yang harus kita lakukan untuk mencapai PM Fit diantaranya:
a. Validasi produk atau layanan yang memuaskan pelanggan
b. Ciptakan proposisi nilai pelanggan yang dapat menarik jenis pelanggan hingga akhirnya mau beli.
c. Fokus pada model bisnis bagian segment pelanggan yang bisa discaling dengan cepat.
d. Hilangkan hal-hal yang bisa mengurangi konversi pelanggan untuk beli. (Red.HP)

Foto ilustrasi by Google

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 − 11 =