Walangsanga Berduka, Longsor Dan Putusnya Jembatan

0
2562
Kondisi jembatan yang hanyut diterjang banjir di desa Walangsanga (foto kiriman Eko Handayani)

Pemalang, Harian Pemalang- Hujan lebat pada hari Rabu siang hingga sore (1/2/2017), sekitar pukul 15.30 WIB membuat beberapa rumah warga di dukuh kembang dan pucung terkena longsor dan salah satu jembatan terputus di desa Walangsanga kecamatan Moga , Kabupaten Pemalang.

Rumah yang terkena longsor, bagian belakangnya ambruk seta salah satu jembatan di dukuh tersebut terputus .Dalam musibah ini tidak terjadi korban jiwa. Akan tetapi jembatan ini merupakan salah salah satu jembatan yang vital yang menghubungkan 2 dukuh. Pantauan di lokasi kejadian terlihat beberapa rumah lainnya terancam longsor.

Kondisi rumah yang terkena longsor akibat hujan deras yang mengguyur desa Walangsanga

Hindun, salah satu perangkat desa Walangsanga menjelaskan, kejadian berawal dari hujan deras yang mengguyur desa Walangsanga beberapa hari terakhir ini. Pada hari Rabu (1/2) hujan turun sangat deras. Namun karena sebelumnya warga sudah mengetahui tanda-tanda akan terjadi longsor, mereka sudah lebih dulu menghindar, sehingga tidak jatuh korban jiwa maupun luka-luka.

Warga yang rumahnya terkena longsor mengungsi ke rumah tetangga ataupun kerabat

“Rabu siang hingga sore hujan lebat , ada 2 rumah yang terkena longsor milik bapak Kapandi dan Pak Saryo di blok Pucung Walangsanga ambruk,” kata Hindun saat ditemui di Rumahnya , Rabu malam (1/2).

Sampai malam tadi, belum ada bantuan yang turun namun dari pihak Kecamatan baik dari TNI dan Kepolisian sudah ada yang mendata. Tampak pula Relawan dari Sabhawana Belik,  MRC (Moga Rescue ) dan Aksi Cepat Tanggap yang membantu membersihkan bangunan yang terkena longsor. Baru dilakukan pendataan oleh sejumlah petugas kecamatan. Sedangkan rumah yang roboh rencana akan dibersihkan pagi ini (Kamis, 2/2). (Red.HP)

Penulis : Hengky Kik

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × three =