Relawan Peduli Kemanusiaan Rampungkan Bedah Rumah Di Plakaran

0
148
Serah Terima kunci rumah secara simbolis dari Kades Plakaran ke ibu Ripah, dalam bedah rumah RPK

Pemalang, Harian Pemalang – Relawan Peduli Kemanusian ( RPK) Jawa Tengah telah menyelesaikan bedah rumah yang ke :8 ( delapan) milik Ibu Ripah yang beralamat di Dukuh Gintung Benjaran Rt 18 Rw 03,  Desa Plakaran, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Minggu (5/2). Ketua RPK Tarto Budi Harsono menyerahkan kunci rumah secara simbolis kepada Kepala Desa Plakaran Nur Lelah, kemudian oleh Kepala Desa diserahkan kepada Ibu Ripah pemilik rumah tersebut.

Penyerahan kunci secara simbolis sebagai wujud selesainya bedah rumah, dihadiri oleh Anggota Banser Kabupaten Pemalang, Kepala Desa Plakaran Nur Lelah, Camat Moga Drs Abdul Rachman MSi, Kapolsek Moga yang diwakili oleh wakapolsek Iptu. Djoko, Danramil Moga yang diwakili oleh Babinsa Desa Plakaran, Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk, KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Pemalang Drs. Slamet Masduki, MH dan masyarakat. ketua6 RPK Jawa Tengah Tarto Budiharso menyampaikan, “permohonan ma’af yang sedalam-dalamnya karena keterlambatan menyelesaikan bedah rumah Ibu Ripah dan juga terima kasih kepada semua pihak yang sudah ikut membantu baik berupa dana, ataupun material lainnya terutama kepada para donatur yang bersumber dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI), para pengusaha dan sumbangan perorangan yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu, juga kepada anggota Banser Kabupaten Pemalang yang dengan semangat keikhlasan.”. Salah satu faktor keterlambatan bedah rumah ini adalah masalah dana. Menurut laporan keuangan yang dikemukakan oleh ketua RPK biaya bedah rumah ibu Ripah menelan biaya RP. 19. 542. 000 (sembilan belas juta limaratus empat puluh dua juta rupiah), sedangkan dana hasil sumbangan swadaya yang Dapatkan hanya Rp, 15. 424. 000 (lima belas juta empat ratus dua puluh empat ribu rupiyah), masih ada kekurangan Rp. 4.118.000 (empat juta seratus delapan belas ribu rupiah), oleh karena itu tim relawan berupaya menggalang dana lanjutan agar terpenuhi biaya yang dibutuhkan.

Tarto juga berharap, kedepannya para donatur agar tidak segan-segan bergandengan tangan dengan RPK Jawa Tengah, untuk bisa membantu warga yang kurang beruntung.

Sementara itu Camat Moga Drs. Abdul Rachman M.Si, sangat mengapresiasi gerakan sosial RPK Jateng, “Saya baru mengetahui kalau di Pemalang ada Ormas Relawan Peduli Kemanusian (Jawa Tengah) yang mempunya gerakan khusus bedah rumah warga yang kurang mampu, kami segenap Keluarga besar Kecamatan Moga mengucapan terima kasih dan ini adalah bentuk nyata sebuah gerakan sosial yang patut didukung dan ditiru dan kami berharapa agar ke Depan RPK bisa bersinergi dengan instansi pemerintah yang terkait.”

Acara peresmian bedah rumah yang diselengarakan didepan rumah ibu Ripah ini dilaksanakan cukup meriah dengan mendatanagkan musik dangdut.(Red.HP)

Penulis : Joko Longkeyang
Editor : Sarwo Edy

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × 1 =