Ngaji Bareng Di Khaul Mbah Nur Walangsanga

0
989

Pemalang, Harian Pemalang – Acara khaul atau peringatan wafatnya seorang tokoh kerap sekali dilakukan diberbagai daerah tak terkecuali kecamatan Moga kabupaten Pemalang. Di kecamatan Moga yang terdiri dari 10 desa telah mengagendakan acara khaul umumnya bahkan sampai perdukuhan juga mengadakan khaul sendiri. Ada yang berbeda ketika penyelenggaraan khaul Mbah Nur Durya bin Sayid yang dilaksanakan di desa Walangsanga. Menilik ketokohan Mbah Nur Durya, tiap tahunnya pasti ramai dihadiri oleh ribuan jamaah yang datang dari berbagai daerah bahkan dari luar provinsi Jawa Tengah.
Minggu (05/02/17) bertepatan dengan tanggal 8 Jumadil Awal 1438 H, kembali diselenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad dan khaul Mbah Nur ke-29 serta khaul Habib Abdul Qodir Al Hamid yang pertama.

Ribuan jamaah membanjiri blok Manggis dukuh Genting desa Walangsanga, bahkan Polres Pemalang Polda Jateng mengirim pasukan khusus bukan untuk melaksanakan tugas pengamanan melainkan ngaji bareng berbaur dengan warga mendengarkan taushiyah penceramah, pun demikian dengan TNI, sementara pengamanan dan pengaturan diserahkan kepada personel Polsek Moga. Hadir dalam khaul para pejabat baik tingkat kecamatan maupun kabupaten, para habaib serta tokoh agama. Bertindak sebagai penceramah Habib Umar Bafaqih dari Banyumas dan K.H. Subhan Ma’mun dari Brebes. Kapolres Pemalang AKBP Kingkin Winisuda, S.H., S.I.K. yang diwakili Kapolsek Moga AKP Amin Mezi Syafiudin, S.H. dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kehadiran Polisi dan Tentara sebagai manusia biasa yang butuh siraman rohani dengan ikut ngaji disamping wujud silaturahmi dengan warga.

Dalam kesempatan itu pula dihimbau agar warga bersama-sama menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat, saling menghormati dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Jaga situasi kamtibmas yang kondusif ini, sikapi perkembangan media sosial dan teknologi informasi dengan baik dan bijak, jangan mudah terpengaruh dan terpancing atau terprovokasi oleh isu maupun berita yang belum diketahui kebenarannya, mari kita jalin erat silaturahmi, saling menghormati dan terakhir jaga rasa kebangsaan dan tanamkan NKRI harga mati” sambutan Kapolres Pemalang melalui Kapolsek Moga. (Red.HP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × three =