Tipikor Tengarai Dana Prona Desa Sukorejo Menguap

2
369
Tim Tipikor Polres Pemalang menangani dugaan penggunaan uang Prona masyarakat desa Sukorejo

Pemalang, Harian Pemalang – Unjuk rasa warga Desa Sukorejo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Rabu (8/02/2012) di Balai Desa Sukorejo berakhir damai setelah dimediasikan oleh Muspika Kecamatan Ulujami.

Baca juga:

Akhirnya Warga Sukorejo Unjuk Rasa Tuntut Mundur Oknum Pungli Prona

Guna menjaga aksi dadakan dari warga Sukorejo ini agar damai dan terkendali kepolisian sektor Ulujami di dukung pula oleh puluhan anggota polisi pengendali masa (satdalmas) sabhara Polres Pemalang, Anggota Koramil Ulujami, juga ikut terlibat unit tipikor reskrim Polres Pemalang yang dipimpin oleh Iptu. Rusmanto, SH.

Setelah massa pengunjuk rasa tenang dan membubarkan diri, unit tipikor langsung bekerja secara efektif dengan memanggil para oknum perangkat desa Sukorejo yang diduga melakukan pungli dan sudah dilaporkan ke Polres Pemalang. Hasil sementara pemeriksaan yang dilakukan unit tipikor terhadap kepala desa dan beberapa perangkat desa yang diduga melakukan pungutan liar (pungli) berkaitan dengan program Prona, menunjukkan dana yang terkumpul dari para penerima manfaat prona sebesar Rp.80.100.000 (delapan juta seratus ribu). Saat ini dana tunai yang ada dibendahara pengelola program Prona desa Sukorejo H. Wahar sebesar Rp. 7. 002. 000 (tujuh juta dua) ribu.

“Dari hasil pemeriksaan ditempat, jumlah uang yang sudah disetorkan oleh masyarakat ke Bendahara Prona H. Wahar tercatat sudah terkumpul Rp. 80.100.000 (delapan juta seratus ribu) dan yang ada dibendahara Rp. 7. 002. 000 (tujuh juta dua ribu rupiah) disita oleh penyidik,” ucap Rusmanto, Kanit Tipikor Polres Pemalang.

Terkait dengan hasil ini ivestigasi yang dilakukan Unit Tipikor di Balai Desa Sukorejo, Kapolres Pemalang AKBP. Kingkin Winisuda, SH, SIK melalui Kasatreskrim AKP. Haryo Setyo SH, ketika dihubungi via ponselnya menyampaikan Saber pungli akan bekerja secara normatif dan prosedur yang berlaku, oleh karena itu masyarakat harus mendukung dan bersabar menunggu proses yang sedang berjalan.

“Tim saber pungli Polres Pemalang bekerja secara normatif, masyarakat hendaknya tetap bersabar menunggu hasil pemeriksaan oleh penyidik Polres Pemalang, sedangkan mengenai uang yang disita oleh penyedik akan dijadikan barang bukti serta akan didalami,” pungkas Kasat Reskrim Polres Pemalang.(Red.HP)

Penulis : Joko Longkeyang
Editor : Sarwo Edy

 

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × one =