Bupati Pemalang Resmikan TPA Sampah Controled Landfill Desa Pegongsoran

0
406
Bupati Pemalang H.Junaedi Resmikan TPA Sampah Controled Landfill Desa Pegongsoran

Pemalang, Harian Pemalang – Bupati Pemalang H. Junaedi meresmikan peroperasinya Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) sampah Controled Landfill Desa Pegongsoran, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Kamis (16/2).

TPA sampah Controled Landfill berada di sebelah timur (bersebelahan) dengan tempat pembuangan akhir sampah dengan sistem dumping.

Menurut Moh. Sidik, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pemalang, menyampaikan laporan nya, bahwa TPA ini dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2016 sebesar sebesar 14.361.766.000. Dana tersebut di digunakan untuk Pembangunan sel landfill 1,02 Ha lengkap dengan lapisan kedap air, perpipaan lindi dan perpipaan Gas. Pembangunan instalasi pengolahan lindi (IPL). Pembangunan pasangan batu bronjong Pengaman TPA dan IPL. Pengelolaan kantor pengelola TPA. Pembangunan laboratorium. Pembangunan hanggar alat berat. Pembangunan jalan Operasional berupa LBP dan LPA . Pembangunan saluran drainase keliling. Pembangunan sumur pantau dan Pengadaan alat berat berupa ezcavator dan bulldozer.

Peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemecahan kendi ke buldozer sebagai tanda dimulai beroperasinya TPA sampah sistem controled landfill ini.

Bupati Pemalang, mengajak masyarakat agar merubah mindset tentang sampah, sampah tidak hanya sisa dari suatu proses produksi atau sisa dari rumah tangga melainkan sampah juga mempunyai sisi ekonomi. Sistem controled landfill ini diharapkan selain dapat mengatasi sampah di Kabupaten Pemalang yang diperkirakan sebanyak 150 Ton Per hari juga akan menghasilkan lindi (cairan hasil sampah) yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk Organik .

Bupati berjanji lewat Dinas lingkungan hidup akan segera mungkin mendata dan memperbaiki sistem persampahan di Kabupaten Pemalang. Mengenai keluhan masyarakat mengenai sampah yang berada di tempat pembuangan sampah sementara maupun yang ada di tempat pembuangan sampah diperkotaan akan segera mungkin di benahi, apakah masalah armada ataupun tenaga kerjanya akan disesuaikan dengan kebutuhan. (Red.HP)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 1 =