Apel Gelar Pasukan, Siaga Hadapi Bencana Alam

0
173
Foto bersama setelah apel gelar pasukan siaga terhadap bencana alam di Kabupaten Pemalang

Pemalang, Harian Pemalang – Apel gelar pasukan dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam di wilayah Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah tahun 2017 di mako Polres Pemalang, Senin ( 20/02/ 2017) pukul 08.50 s/d 09.20 WIB.

Apel Gelar Pasukan diikuti tidak kurang dari 400 orang dipimpin oleh Letkol.( Inf) Abdul Hamid ( Dandim 0711/Pemalang). Apel ini juga dihadiri oleh: Kompol. M Samdani (Wakapolres Kabupaten Pemalang), Wahyu Soekarno ( Kasatpol PP Kabupaten Pemalang), Drs.Purjanto SH (Kakesbangpol Kabupaten Pemalang), H.Drs Wismo M.Pd (Kepala BPBD Kabupaten Pemalang), Slamet Masduki (Kadinsos Kabupaten Pemalang), Para Perwira Polres Pemalang, Peltu Mukshin Dan Pos AL Tanjung sari Kecamatan/ Kabupaten Pemalang. Disamping itu 1(satu) SST SATSIK Polres Pemalang, 1(satu) SST Kodim 0711/Pemalang, 1(satu)SSR TNI AL Pos AL Tanjungsari Pemalang, 1(satu) SSR Satpol air Polres Pemalang, 1 (Satu)SSR Rescue Kemensos Kabupaten Pemalang, 1(satu) SSK Polres Pemalang, 1(satu) SST satpol PP Kabupaten Pemalang, 1 (satu) SST anggota BPBD Kabupaten Pemalang,1(satu) SSR Perhutani Kabupaten Pemalang, 1 (satu) SST Saka Bhayangkara Kabupaten Pemalang, 1(satu) SSR Ormas Kabupaten Pemalang, 2 (satu) SST Pelajar Pramuka.

Bupati Pemalang HM, Junaedi SH, MM dalam amanatnya yang dibacakan oleh Letkol.( Inf) Abdul Hamid (Dandim 0711/Pemalang menyampaikan, “Apel ini merupakan suatu bukti kesiapsiagaan kita dalam menghadapi bencana alam yang ada di wilayah Kabupaten Pemalang. Bencana alam yang mungkin terjadi di wilayah Kabupaten Pemalang antara lain di wilayah pantura di mungkinkan terjadi banjir rob ataupun angin puting beliung. Sedangkan di wilayah Kabupaten Pemalang selatan yaitu kemungkinan bencana tanah longsor.” .

Bupati menekankan kepada peserta apel bahwa sebagai aparat yang ada di wilayah Kabupaten Pemalang harus selalu siap sedia dalam menghadapi segala kemungkinan terjadinya bencana alam. Kondisi geografis Kabupaten Pemalang yang kompleks, terdiri dari pesisir pantai, dataran rendah, dataran tinggi dan pegunungan, menjadikan wilayah Kabupaten Pemalang sebagai wilayah yang rentan terhadap terjadinya bencana.

“Setidaknya terdapat 5 (lima)
potensi bencana alam yang mungkin terjadi di Kabupaten Pemalang, yaitu rob, banjir, kebakaran, tanah longsor dan pohon tumbang. 5 (lima) potensi bencana alam yang
mungkin terjadi tersebut adalah rob, banjir dan tanah longsor mengingat sebagian wilayah Indonesia, termasuk Kabupaten Pemalang sudah mulai diguyur hujan dengan intensitas hujan yang tinggi.,” papar bupati Pemalang melalui Dandim  0711 Pemalang .

Bupati juga mengajak masyarakat Pemalang tidak usah takut menghadapi kemungkinan terjadinya bencana tersebut. “Hendaknya tidak membuat kita takut atau khawatir, namun menjadikan kita harus selalu waspada dan siap siaga dalam menghadapi bencana, serta meningkatkan kemampuan dalam menghadapi bencana agar dapat meminimalkan jumlah korban apabila terjadi bencana. Kewaspadaan terhadap bencana harus selalu kita tingkatkan
mengingat bencana merupakan suatu kondisi gawat darurat yang
dapat terjadi pada siapa saja, kapan saja dan dimana saja,” jelas bupati Pemalang dalam sambutannya yang dibacakan Dandim 0711 Pemalang. (Red.HP)

Penulis : Joko Longkeyang
Editor : Sarwo Edy

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 − 10 =