Antisipasi Penyalahgunaan Obat, Polsek Pulosari Himbau Apotek Ketat Dalam Penjualan Obat

0
145

Pemalang, Harian Pemalang – Pengertian Apotek adalah suatu tempat atau terminal distribusi obat dan perbekalan farmasi yang dikelola oleh apoteker dan menjadi tempat pengabdian profesi apoteker sesuai dengan standar dan etika kefarmasian.

Oleh karena itu apotek berperan penting dalam distribusi dan pelayanan kepada konsumen. Apotek dalam hal ini apoteker berhak tidak melayani pembeli yang disinyalir, diduga ataupun akan disalah gunakan ketika membeli obat.

Saat ini disinyalir beberapa obat daftar G disalah gunakan oleh pembeli dengan meminum secara overdosis untuk mendapatkankan efek “melayang” bagi peminumnya.

Guna mengantisipasi penyalahgunaan obat yang dijual bebas, Polsek Pulosari melakukan patroli dialogis dengan pemilik apotek. Salah satu apotek yang dikunjungi ada di Desa Pulosari, Kamis (23/02/2017).

Petugas patroli Bripka Iwan bersama dengan Bripka Anto memberikan himbauan kepada pemilik apotek untuk lebih teliti dalam menjual obat yang ada di apoteknya. Terutama terhadap obat yang masuk dalam daftar G.
Sebab, saat ini banyak warga masyarakat memanfaatkan obat yang dijual apotek untuk mendapatkan efek mabuk. Tidak hanya orang dewasa bahkan remaja juga banyak yang memanfaatkan obat yang dijual bebas di apotek. Seperti yang sedang marak obat batuk dikonsumsi dalam jumlah banyak untuk menimbulkan efek melayang bagi peminumnya.

Kapolsek Pulosari AKP Nurdinowo menyampaikan bahwa patroli dialogis dengan sasaran apotek rutin dilaksanakan. Hal ini untuk mengingatkan kembali pemilik apotek agar teliti saat melayani masyarakat yang membeli obat.

” Pemilik apotek berperan sebagai sarana kontrol untuk mencegah penyalahgunaan obat tersebut. Selain itu peran orang tua dan masyarakat juga dibutuhkan. Bagaimana orang tua lebih mengawasi perilaku dan pergaulan anak agar tidak melakukan hal negatif. Bagi masyarakat harus peduli apabila menjumpai hal tersebut segera laporkan ke pihak Kepolisian.” harap Kapolsek Pulosari. (Red.HP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × 1 =