Bung Ramson, Ajak Dinas Terkait Tinjau Hutan Mangrove Di Desa Mojo, Kabupaten Pemalang

1
226

Pemalang, Harian Pemalang – “Bung Ramson Berjuang Untuk Rakyat,” benar-benar melekat erat di hati sanubari Ramson Siagian MBA Anggota DPR RI, Dapil Jateng 10 (sepuluh) dari Partai Gerindra yang duduk di Komisi VII (tujuh), di hari yang sama Rabu (1/3/2017) setelah selesai memberikan sumbangan bibit pohon produktif di Desa Tengeng, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan, tanpa kenal lelah mengajak Kepala BPDAS HL Pemali Jratun Kementrian Likungan dan Kehutanan Sri Handayaningsih dan Kasi RHL Siswo untuk meninjau tanaman hutan mangrove yang ditanam pada November 2016 di hutan Mangrove, Desa Mojo, Kabupaten Pemalang.

Kondisi kawasan hutan mangrove Desa Mojo, saat ini sangat memprihatinkan disebabkan oleh adanya abrasi, sehingga luas hutan mangrove semakin berpulang. Mendapat laporan dari staffnya tentang hal tersebut, Bung Ramson langsung bertindak, melakukan koordinasi dan bekerja sama dengan kementrian terkait, dirjen, dinas terkait baik tingkat Kabupaten Pemalang, maupun Provinsi Jawa Tengah untuk dapat memperjuangkan pengadaan bibit mangrove.

“Pada Bulan November 2016 lalu telah dilakukan penanaman bibit mangrove Desa Mojo, Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang sebanyak 20.000 (dua puluh ribu) bibit “, kata Bung Ramson.

Lebih lanjut Bung Ramson mengatakan, sebagai anggota DPR RI, dirinya adalah wakil rakyat, apa yang menjadi keluhan masyarakat akan diperjuangkan semaksimalkan mungkin termasuk keluhan masyarakat terkait rusaknya hutan mangrove di Desa Mojo. Padahal oleh Bupati Pemalang HM. Junaedi SH, MM hutan Desa Mojo dicanangkan menjadi salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Pemalang dengan harapan bisa dikenal dan dikunjungi oleh masyarakat luas. Oleh karena itu di tahun 2017 sedang diperjuangkan bersama Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jakarta untuk menambahan bibit mangrove sebanyak 20.000 (dua puluh ribu) sehingga menjadi 40.000(empat puluh ribu) bibit mangrove.

Diwawancarai di Lokasi Wisata hutan mangrove Desa Mojo, Kecamatan Ulujami, Kepala BPDAS HL Pemali Jratun Kementrian Likungan dan Kehutanan Sri Handayaningsih mengatakan, “Setelah melakukan peninjauan secara langsung di hutan Wisata mangrove Desa Mojo, memang betul kawasan hutan mangrove yang rusak dan harus segera direhabilitasi. Seperti yang kita lihat sekarang ini, pada bulan November 2016 melalui perjuangan Bung Ramson kami menanam bibit pohon mangrove di kawasan Wisata Magrove Desa Mojo, prosentasi pertumbuhan mencapai 85%, dan upaya yang dilakukan untuk merehabiltasi hutan mangrove Desa Mojo diharapkan dapat menekan abrasi, dibutuhkan komitmen bersama yang kuat dengan masyarkat dan pihak-pihak yang terkait termasuk didalamnya pokdarwis selaku pengelola wisata.”. (Red.HP)

Penulis : Joko Longkeyang
Editor : Sarwo Edy

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × five =