Matur Nuwun Pak Tentara, Dalane Mpun Sae

0
125

Pekalongan, Harian Pemalang  – Inilah salah satu kesakasian salah seorang sesepuh di Desa Rogoselo. Adalah Mbah  Margono (71), yang sehari-harinya tinggal di Dukuh  Plumutan Rt 01/01, Desa rogoselo. Lewat Mbah Margonolah yang bisa mengorek tentang segala sesuatu yang ada di Desa Rogoselo.

Menurutnya,  bahwa jalan dan jembatan yang akan dibangun oleh jajaran TNI Kodim Pekalongan itu, sebenarnya sudah ada sejak jaman Beanda.  Tampaknya juga tidak berlebihan dengan apa yang dikemukakn Mbah Margono, menyusul di Desa Rogoselo tersimpan banyak takbis sejarah yang ada kaitannnya dengan Belanda. Sehingga sangat dimungkinkan jika dulunya ada pembangunan  jalan yang ada di Desa Rgoselo.

‘’Wah dalan niki, sing badhe dibangun bapak-bapak TNI Kodim Pekalongan sampun wonten kawit jaman Londho. Namung geh niku, sampun dangu mboten pernah didandosi mila kondisine mpun rusak parah  (Wah jalan ini,  yang mau dibangun bapak-bapak TNI Kodim Pekalongan sudah ada sejak jaman Belanda. Hanya saja ya itu,  sudah lama tidak pernah diperbaiki  makanya kondisinya sudah rusak parah –Red),’’ turu Mbah Margono.

Untuk itu, ungkap Mbah Margono, dengan  prakarsa jajaran TNI Kodim Pekalongan, akhirnya jalan di Desa Rogoselo dibangun, semua wara akan senang. Tidak saja bagi warga Desa Rogoselo, melainkan juga warga desa-desa tetangga yang berhubungan langsung dengan Desa Rogoselo. Satu diantaranya adalah warga Desa Pedawang, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan. ‘’Wah pokoke remen  kula bapak-bapak TNI badhe mbangun dalan teng desa kula. Pokoke kathah warga ingkang seneng (Wah pokoknya senang saya, bapak-bapak TNI mau membangun jalan di desa saya. Pokoknya banyak warga yang senang,’’ beber Mbah margono.  (Red.HP) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × four =