Peringati Hari Air Se-dunia, Sekber PPA DIY Tanam Beringin Kembar

0
113
Apel besar Sekber PPA DIY dalam air di sungai Opak untuk menandai dibukanya peringatan hari air sedunia,

Yogyakarta, Harian Pemalang – Memperingati hari air sedunia (World Water Day), Sekretariat Bersama Perhimpunan Pecinta Alam (Sekber PPA) Daerah Istimewa Yogyakarta bekerjasama dengan komunitas kali Opak dan kali kuning , Rabu (22/3) mengadakan kegiatan bersama yang melibatkan lebih dari 200 peserta dari 28 kelompok Pecinta Alam dan 11 organisasi/Instansi terkait dalam rangka memperingati hari air sedunia 2017.

Kegiatan ini diawali dengan apel besar dalam air di sungai Opak untuk menandai dibukanya peringatan hari air sedunia, dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan penanaman pohon untuk konservasi air di sempadan Sungai Opak, kegiatan bersih sungai, pemberdayaan pelaku wisata geotubing lava bantal mengenai keselamatan berkegiatan di air, dan fun geotubing sebagai salah satu upaya untuk mepromosikan wisata alam yang ada di sana.

Secara simbolis dimulai nya kegiatan tanam pohon ini, ditanam pohon beringin kembar di pintu masuk obyek wisata lava bantal dan diteruskan penanaman pohon gayam di bantaran sungai opak.

Seperti yang di ungkapkan Alumni Mahasiswa Pecinta Alam Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (Matalabiogama) Pipit Noviani selaku koordinator komunitas konservasi sekber PPA DIY, kegiatan ini dititik beratkan di Embung Tegaltirto dan Lava Bantal, Sungai Opak, Kecamatan Berbah, Sleman. Sebagai wujud Gerakan Pencinta Alam untuk Negeri, kegiatan ini juga didukung oleh pemerintah setempat dari Kecamatan Berbah, Sleman dan tiga desa yang berbatasan langsung dengan Sungai Opak yaitu Desa Jogotirto, Kalitirto, dan Tegaltirto. Melalui pelibatan masyarakat umum dalam melaksanakan kegiatan, diharapkan kegiatan ini dapat mewujudkan tema yang diangkat yaitu merawat air, merawat peradaban. Bahwa untuk memperoleh kehidupan yang layak, manusia harus memiliki akses pada air bersih bebas dari limbah.

Baca juga :
https://harianpemalang.com/2017/03/16/sekber-ppa-diy-peringati-hari-air-se-dunia-2017-merawat-air-merawat-peradaban/

Kegiatan ini sangat dirasakan oleh masyarakat disepadan kali Opak, seperti nyang diungkapkan oleh Guntur Kepala Desa Jogotirto, “Harapannya kegiatan ini turut menyadarkan masyarakat akan pentingnya pelestarian air. Semoga pohon beringin kembar yang ditanam dapat menjadi sumber air.”

Senada dengan Guntur, Susilo Nugroho Kepala Desa Tegaltirto, juga mengungkap, “Dengan adanya peringatan hari air sedunia oleh Sekber PPA DIY diharapkan dapat memperkenalkan kawasan ini kepada masyarakat luas termasuk upaya pelestariannya.” (Red.HP)

Penulis : kontributor Yogyakarta

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 + 4 =