Bupati Pemalang Terima Praja IPDN Kukerta

0
313

Pemalang, Harian Pemalang – Bupati Pemalang menerima mahasiswa kuliah kerja nyata (kukerta) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), di pendopo Kabupaten Pemalang, Rabu (26/6).

Sebanyak 217 mahasiswa Praja IPDN yang terdiri dari 84 praja putra dan 133 praja putri akan ditempatkan di 16 desa yang tersebar di 4 kecamatan Kabupaten Pemalang. Mahasiswa praja IPDN Program studi stara 1 tahun 2017 akan mengabdikan diri selama 29 hari.

Dalam serah terima mahasiswa Kukerta IPDN hadir wakil gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko, wakil Gubernur IPDN Reydonnizar Monik, dosen pendamping IPDN, dekan Fakultas Pemerintahan IPDN, perwakilan Forkompinda, Camat, dan Kepala Desa yang akan ditempati mahasiswa Kukerta.

Dalam sambutannya, wakil gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko menekankan agar Praja IPDN yang melakukan kukerta mampu mengaplikasikan ilmunya serta mampu menyerap Ilmu ilmu baru yang ada di masyarakat. Disamping itu, Heru juga menegaskan bahwa
Pamong Praja punya kemampuan berbuat baik pada semua orang di semua jabatan. Bahwa jabatan merupakan amanah dari Tuhan .

“Kodrat manusia tidak dapat berbuat sendiri, butuh bantuan orang lain.” ungkap Heru.

Oleh karena itu, perlu adanya kecerdasan sosial kultural, dimana kecerdasan intelektual tidak cukup dalam hidup bermasyarakat. Kecerdasan intelektual itu penting tetapi tidak utama akan tetapi masih perlu adanya kecerdasan emosional, rasa empati yang diperlukan dalam bermasyarakat bahkan ditengah tengah masyarakat dituntut kecerdasan sosial bahkan kultural.

Dalam kesempatan itu, Heru meminta beberapa praja untuk melantunkan alenia pembukaan UUD 45. Hal ini untuk memberi pemahaman pada praja bagaimana harus berpikir, bertindak dan menjalankan amanah dari para pendiri bangsa. Menuju visi bangsa yang tercantum dalam pembukaan UUD 45. (Red.HP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

ten − 9 =