Manfaat Organisasi Dalam Membangun Peradaban Pemikiran

0
114

Opini Mahasiswa 

Pemalang, Harian Pemalang – Menjadi  seorang Mahasiswa itu perkara yang mudah tinggal bagaimana kita mampu memanfatkan potensi-potensi yang ada di lingkungan kampus, Ketika kita menjadi seorang mahasiswa hanya duduk manis mendengarkan dosen ceramah dan kemudian pulang itu hanya akan menjadi sebuah kerugian besar untuk kita dalam kita menggali ilmu dan menggali pengalaman. kemudian dari organisasilah kita mampu membangun sebuah jaringan atau link dalam membentuk sebuah relasi dengan orang-orang yang kita anggap mereka mempunyai posisi yang strategis. sebagai mahasiswa seharusnya kita mampu memanfaatkan potensi dan memon dimana kita bisa menggali ilmu dan pengalaman-pengalaman yang begitu banyak untuk kita jadikan sebagai refrensi keilmuan kita.

Sebagai Mahasiswa seharusnya kita mampu menunjukan rasa sosial yang tinggi, hal semacam ini sebenarnya dapat kita lakukan ketika kita mengikuti oragnisasi-organisasi yang ada di kampus baik oraganisasi intra maupun organisasi ekstra kampus. Di organisasilah kita dapat berekspresi kita dapat menunjukan postensi dan kemampuan kita, bahwa kita mampu memberikan dampak positif di lingkungan kampus, khususnya untuk kita pribadi. Kita harus mampu menjadi contoh yang baik untuk rekan-rekan kita maupun junior-junior kita bahwa berorganisasi itu sangatlah penting.

Organisasi merupkan elemen yang tidak dapat dipisahkan dengan mahasiswa, karena organisasi merupakan wadah dan media bagi mahasiswa yang sangat penting keberadaanya. Tetapi dewasa ini kesadaran mahasiswa untuk berorganisasi semakin minim, minat untuk mengikuti organisasi semakin berkurang, padahal di organisasilah kita mampu menemukan jai diri kita sebgai mahasiswa, menemukan jati diri kita sebagai kaum intelektual yang sesungguhnya, karena materi yang kita terima dalam bangku kuliah saja saya kira tidak cukup untuk kita di katakan sebagai kaum intelektual yang sesungguhnya.

Di organisasi kita bisa merasakan menjadi seorang pemimpin, minimal menjadi seorang pemimpin untuk dirinya sendiri dalam mengatur dan merencanakan sesuatu karena di organisasi kita dituntut untuk berani dan tegas dalam mengambil keputusan. di dalam organisasi kita dapat membaca situasi politik kampus maupun situasi atau isu-isu yang terjadi baik nasional maupun regional. setelah kita sudah mampu membaca isu-isu yang sedang terjadi, kemudian diharapkan kita mampu menjadi kontributor berita ataupun penulis baik artikel maupun yang lainya.

Yang perlu kita perhatikan dalam berorganisasi adalah kesadaran, kemudian mental, setelah kesadaran dan mental sudah terbangun selanjutnya kita harus mempunyai komitmen, karena komitmen dalam kita berorganisasi sangatalah, biasanya yang terjadi pada mahasiswa saat ini dalam berorganisasi keistikomahanya yang sangat kita ragukan. istikomah dan komitmen mampu kita bangun ketika kita sudah merasa memiliki, jadi ketika kita sudah merasa memiliki otomatis kita merasa mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap organisasi, disinilah kita mampu membangun komitmen dan istikomah dalam organisasi.

Banyak manfaat yang dapat kita ambil dalam organisasi, jadi marilah kita sadarkan diri kita untuk mengikuti oraganisasi-organisasi yang ada di dalam kampus baik organisasi intra amupun ekstra. Tetapi penulis lebih merekomendasikan untuk organisasi ekstra, karena di organisasi ekstra mahasiswa bisa lebih leluasa berekspresi, bisa lebih leluasa bereksplor dalam menggali ilmu maupun pengalaman, tetapi kita juga diharapkan tidak hanya aktif di organisasi ekstra, tapi juga intra kampus.

Sebelum penulis mengenal organisasi, penulispun merasa apatis dan tidak menghiraukan apa itu organisasi. tetapi setelah penulis mengenal organisasi khususnya organisasi ekstra kampus, penulis mulai sadar diri dan melek organisasi karena bnayak manfaat yang dapat kita ambil dari organisasi tersebut.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk semua mahasiswa khususnya bagi para aktifis yang masih setengah hati dalam mengikuti organisasi.(Red.HP)

Penulis : Zaenal Muhsin

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 + 6 =