Upaya Pemkab Pemalang Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat, Timba Ilmu Ke Banyuwangi

0
175

Pemalang, Harian Pemalang – Tidak segan segan belajar kepada yang terbaik, merupakan salah satu alasan pemerintah kabupaten Pemalang bersama DPRD Kabupaten Pemalang melaksanakan suatu study eksplorasi ke Kabupaten Banyuwangi. Berangkat bertepatan dengan hari pendidikan nasional, Selasa (2/5) bupati Pemalang H.Junaedi memimpin rombongan yang terdiri dari kepala OPD dilingkungan Kabupaten Pemalang, Camat, Kepala BUMD serta DPRD Kabupaten Pemalang menuju Banyuwangi sampai Jum’at (5/5).

Bupati Pemalang membagi rombongan menjadi 5 kelompok besar untuk belajar menyeluruh mengenai kemajuan Kabupaten Banyuwangi. Studi Eksplorasi Kabupaten Banyuwangi yang berlangsung selama 3 hari ini, diharapkan mampu memacu aparatur pemerintah kabupaten Pemalang maupun Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kabupaten Pemalang mampu bersaing dengan Kabupaten lain demi kesejahteraan rakyat.

Bupati Junaedi, saat berkunjung di Banyuwangi mengatakan, Secara umum rombongan Pemkab Pemalang ini, akan belajar bagaimana Banyuwangi meningkatkan partisipasi antara pemerintah dan masyarakat seperti dalam event, tentang inovasi pelayanan publik, dan sinergisitas antar SKPD, hingga Adipura.

“Pelayanan publik di Banyuwangi sudah dapat nilai A, di Jawa Tengah saja, belum ada yang dapat nilai A. Maka kami juga ingin tahu langsung. Bagaimana peran serta masyarakat untuk kesejahteraan bisa tinggi, seperti dalam festival,” Ungkap Junaedi saat di pendopo Saba Swagatha Blambangan.

Dikatakan, Banyuwangi telah berhasil menjadi kota pariwisata. Dirinya melihat even Banyuwangi Festival tentunya memberikan dampak bagi masyarakat. Selain itu, peranan masyarakat dalam ikut serta mengembangkan pariwisata dan event-event festival, menjadi salah satu daya tariknya.

“Peran serta masyarakat dalam menyukseskan berbagai festival yang digelar tiap tahun, bahkan sampai 72 kegiatan,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widiyatmoko , mengungkapkan kemajuan Banyuwangi adalah bagian dari kerja keras semua pihak.

“Pemerintah dan masyarakat bahu membahu dalam mengembangkan Banyuwangi. Inilah, saya kira, yang menjadi kunci sukses Banyuwangi hingga seperti ini,” ungkapnya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang menyambut melalui layanan fice time menambahkan, pengembangan pariwisata sebenarnya merupakan bagian dari konsolidasi masyarakat.

“Dengan pariwisata ini kami mengkonsolidasi masyarakat, mengubah mindset dan budaya masyarakat untuk bergerak bersama membangun Banyuwangi,” katanya. (Red.HP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

eighteen − fourteen =