“Untukmu Kartini, Dari Kita Untuk Penerusmu” Di Tugu Kepiting Sugihwaras

0
195

Pemalang, Harian Pemalang – Walaupun sudah memasuki bulan Mei 2017, Kelurahan Sugihwaras baru dapat memperingati “Hari Kartini” yang biasanya di peringati setiap tanggal 21 April. Dipusatkan di Tugu Kepiting di jalur Pantura, Kelurahan Sugihwaras menggelar acara “Untukmu Kartini, Dari Kita Untuk Penerusmu”, Minggu (7/5) mulai pukul 06.30 wib.

Antusiasme warga Kelurahan Sugihwaras terlihat jelas dengan guyub rukunnya menyelenggarakan acara ini dengan suka rela. Diawali dengan acara resik resik Tugu Kepiting yang merupakan salah satu icon produk perikanan di Kabupaten Pemalang dan simbol kegiatan PKK. Letak tugu kepiting yang strategis di pintu masuk Kabupaten Pemalang tentunya selalu menjadi perhatian dan diperhatikan para pengemudi yang melintas di jalur pantura.

Kenapa dipusatkan di Tugu Kepiting, menurut Dewi Febri Djatmiko selaku Ketua TP. PKK Kelurahan Sugihwaras mengatakan Karena Tugu Kepiting merupakan Tugu PKK, sehingga TP. PKK Kelurahan Sugihwaras menggagas kegiatan ini diselenggarakan di Tugu Kepiting yang bertujuan mengenalkan kepada kader-kader PKK tingkat RT dan RW, serta menggugah untuk merasa memiliki tugu tersebut.

Acara yang didedikasikan bagi para perempuan ini, dilaksanakan senam Kartini bersama dilanjutkan dengan lomba peragaan busana Kartini.

Lenggak lenggok peragaan busana Kartini ini tidak diperagakan oleh perempuan perempuan muda nan cantik melainkan dilakukan oleh para lansia. Hal ini menunjukkan bahwa para lansia pun peduli dan aktif dalam mengenang perjuangan perubahan pergerakan perempuan Indonesia, sehingga ada emansipasi perempuan pun dapat berkiprah di semua sektor kehidupan.

“Untuk memberikan motivasi kepada lansia bahwa beliau-beliau juga masih mampu berpartisipasi dalam kegiatan di hari kartini ini dan menggugah kaum perempuan yang masih muda dan bahwa lansia oumasih bersemangat mengikuti kegiatan-kegiatan PKK.” jelas Dewi.

Febri Jatmiko, selaku lurah Kelurahan Sugihwaras sangat mengapresiasi TP. PKK Kelurahan Sugihwaras dan kader-kader PKK Tingkat RW atas pelaksanaan kegiatan Hari Kartini di Kelurahan Sugihwaras serta menyampaikan ucapan terima kasih dan hormat kepada peserta Lansia yang mau berpartisipasi dalam Lomba Peragaan Busana Kartini.

“Harapannya Dalam kegiatan tersebut memberikan motivasi kepada kaum perempuan untuk lebih mewarnai dan memberikan kontribusi dalam kehidupan sehari-hari di keluarga, bukan hanya menjadi konco wingking saja tetapi memahami kodrat sebagai seorang perempuan.” ungkap Febri Jatmiko.

Lomba yang tidak kalah menarik nya Lomba menata Jajan tradisional. (Red.HP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 + nine =