Andriyanto Johan Syah, Serap Aspirasi Pokdarwis Kabupaten Pemalang

0
176

Pemalang, Harian Pemalang  – Andriyanto Johan Syah, ST, MM anggota DPR RI Komisi VI (enam) Dari Fraksi Partai Amanat Nasional(PAN) Dapil Jateng X (sepuluh) pada Minggu (14/05/2017) melakukan tatap muka dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Pemalang di salah satu rumah makan di Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Hadir dalam acara tersebut Camat Comal Drs. Slamet Suwito selaku pembina penggiat wisata dan budaya Yayasan Wong Kali Comal( WKC), Tolani (pokdarwis Mangrove Desa Mojo), Elman Prasetyo (Fedep Pemalang), Pokdarwis Cikendung dan lain-lainnya.

Dalam sambutannya Andriyanto mengatakan, ruang lingkup Komisi VII (enam) DPR RI adalah: Industri, Investasi, dan Persaingan Usaha. Komisi ini   berpatner dengan Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Kementerian BUMN dan Seluruh BUMNBadan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Badan Standardisasi Nasional (BSN), Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam), Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPK Sabang), Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin).  “Sektor  wisata adanya di Komisi 10, tapi tak ada salahnya kami dari komisi VI menyerapnya, pada prinsipnya saya datang dan bertemu dengan teman-teman seperti gelas kosong, dan silahkan teman-teman mengisi gelas kosong tersebut selanjutnya akan saya bawa ke Jakarta untuk disampaikan ke teman-teman komisi lainnya terkait
dengan apa yang diusulkan”, kata Andriyanto.

Lebih lanjut dikatakannya, sekarang ini banyak negara Industri sedang beralih ke negara wisata, contoh Jepang (dari negara Industri sedang beralih ke negara wisata) oleh karena itu sekaranglah saat yang tepat bagi teman-teman penggiat wisata melalui Pokdarwis untuk ikut memajukan Pemalang melalui sektor wisata agar wisata Pemalang bisa bangkit. Memang ini banyak tantangan karena menyangkut fasilitas, insfrastruktur dan yang tak kalah pentingnya adalah antara satu dengan yang lainnya harus berintregasi karena akan menggerakan pendapatan asli daerah(PAD) dan pemasukan lainnya bagi masyarakat.

Menanggapi paparan tersebut, Tolani Ketua Pokdarwis Desa Mojo menyampaikan, “tentang wisata bisa kita lakukan dengan bersama- sama dengan semua dinas dan sektor terkait salah satunya adalah dengan cara promosi obyek wisata yang ada di Kabupaten Pemalang, sebagai catatan Obyek wisata di Kabupaten Pemalang secara global ada dua macam yaitu wisata pantai dan obyek wisata Pegunungan dan ini harus terintegrasi dan dikelola dengan baik karena semakin lama wisatawan tinggal di Pemalang secara otomatis semakin banyak PAD ke Warga Pemalang dengan demikian kesejahteraan masyarakat semakin baik, oleh karena itu kami berharap melalui pertemuan ini Kami para pokdarwis di Kabupaten Pemalang minta dukungan baik formal maupun normal untuk memajukan wisata di Kabupaten Pemalang.”.

Dalam  kesempatan tersebut Drs. Slamet Suwito Camat Comal yang juga penasehat Yayasan Wong Kali Comal membeberkan tentang wisata yang berada di Pemalang Timur.

“Sekarang  ini di Pemalang Timur (Kecamatan Comal, Kecamatan Ulujami, Kecamatan Bodeh, Kecamatan Ampelgading) melalui Yayasan Wong Kali Comal (WKC) sedang giat melakukan penggalian wisata dan Budaya, ternyata wisata dan budaya di Pemalang timur sangat luar biasa dan ini perlu pengelolaan yang sangat profesional dan kuncinya adalah komitmen serta utamanya dalam segi pariwisata, kami tidak malu-malu ngangsu kawruh dengan daerah lain yang sejalan dengan visi misi bupati Pemalang untuk menjadikan Pemalang yang Hebat. Oleh  karena itu kepada Bapak Andriyanto, WKC berharap mendapatkan dukungan untuk memajukan Wisata di Kali Comal”, ujar Camat  Slamet Suwito yang asli wong Comal.

Menanggapi paparan  dari Pokdarwis, Andriyanto menanggapi dengan serius dan akan segera ditindak lanjuti melalui teman di Fraksi yang membidanginya. “Semuanya  kami tampung dan akan kami serahkan ke Teman Fraksi yang membidanginya dan selanjutnya akan kami kawal agar aspirasi ini bisa direalisasikan”, pungkasnya.(Red.HP)

Penulis : Joko Longkeyang

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 4 =