Peringati Peh Cun Di Pantai Widuri

0
200

Pemalang, Harian Pemalang -Duanwu Jie (Hanzi: 端午節) atau yang dikenal dengan sebutan festival Peh Cun di kalangan Tionghoa-Indonesia adalah salah satu festival penting dalam kebudayaan dan sejarah Tiongkok. Peh Cun adalah dialek Hokkian untuk kata pachuan (Hanzi: 扒船, bahasa Indonesia: mendayung perahu). Walaupun perlombaan perahu naga bukan lagi praktik umum di kalangan Tionghoa Indonesia.

Kegiatan Peh Cun juga dilaksanakan oleh Paguyuban Sosial Masyarakat Tionghoa Indonesia (PSMTI) dari wilayah Kab.Pemalang, Tegal dan Pekalongan di pantai Widuri, Selasa (30/5). Pek Cun 2017 yang dilaksanakan di Pantai Widuri mengelar kegiatan antara lain Senam Taichi, Sambutan Ketua Panitia dan Ketua PSMTI, Doa dilanjutkan Fang Sheng, Game, ramah tamah, penyerahan Hadiah dan Donor Darah.

Peh Cun 2017 yang artinya “Menghormati seseorang yang baik dan jujur”
Kapolres Pemalang AKBP Agus Setyawan Heru Purnomo. S.H., SIK. bersama Waka Polres Pemalang Kompol Drs. Muh Samdani.

Fariyanto selaku ketua panitia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Kapolres Pemalang beserta Bapak Waka Polres Pemalang yang sudi hadir dalam acara perayaan Peh Cun yang merupakan acara tradisi turun temurun dan sebagai sarana untuk bersilaturahmi antar umat beragama dan menjaga Keutuhan NKRI.

Kapolres Pemalang AKBP Agus Setyawan Heru Purnomo. S.H., SIK. dalam sambutannya mengucapkan

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pihak Panitia yang telah berkenan mengundang dalam acara perayaan Peh Cun, dan berharap kedepan agar lebih baik dan selalu menjaga Toleransi antar umat beragama dan menjaga Kebhinekaan Untuk keutuhan NKRI,” kata Kapolres dalam sambutannya.

Acara ditutup dengan kegiatan Kemanuasiaan Donor Darah. (Red.HP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 + sixteen =