Kabupaten Pemalang Dapat Opini WTP Dari BPK Perwakilan Jawa Tengah

0
438

Semarang, Harian Pemalang – Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, Rabu (31/5) menyerahkan laporan hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2016 di wilayah provinsi Jawa Tengah. Sesuai Pasal 16 Undang-Undang Nomor 15 tahun 2004, output dari pemeriksaan keuangan adalah opini yang merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan pada kriteria kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan (adequate disclosures), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diperoleh bukan hasil instan, tetapi melalui proses terstruktur dengan mengedepankan pembenahan fungsi dan sistem pengendalian intern. Disisi lain, para auditor tidak hanya wajib memiliki kompetensi yang handal, tetapi juga harus beretika tinggi, dan bermahkotakan kejujuran.

Usaha bertahun-tahun yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten Pemalang akhirnya mendapat apresiasi dari BPK perwakilan Jawa Tengah dengan predikat opini WTP. Kepala BPK Perwakilan Jawa Tengah Hery Subowo menyampaikan bahwa Kabupaten Pemalang mendapat opini WTP pada laporan hasil pemeriksaan LKPD tahun anggaran 2016. Pemeriksaan BPK terdiri dari pengelolaan keuangan daerah,Kepatuhan, SPI dan managemen aset tahun 2016.

Penyerahan predikat WTP ini diterima oleh sekretaris Daerah kabupaten Pemalang Budi Rahardjo. (Red.HP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × 4 =