Warga Binaan Rutan Pemalang Dilatih Beternak Ikan Patin

0
278
Pemalang, Harian Pemalang  – Rumah tahanan (rutan)  kelas II B Pemalang disamping sebagai ajang pembinaan mental para narapidana dalam menjalani masa hukuman, juga berharap setelah selesai menjalani masa hukuman mereka kembali berbaur dengan masyarakat mendapatkan ketrampilan. “Mereka  para narapidana kami beri bekal ketrampilan seperti menjahit, menjadi tukang kayu,  membuat ketrampilan dan kerajinan tangan yang mempunyai nilai ekonomis dan sekarang sedang kami ajarkan cara budidaya beternak ikan patin dengan tujuan memberikan ketrampilan agar mereka setelah kembali kemasyarakat mempunyai ketrampilan dan bisa mandiri.” kata Karutan Hisam Wibowo melalui Joni Priyanto Kasubsie Peltah.
Sementara itu Pip Wenal  Nevada seorang ahli budidaya ikan Patin yang cukup terkenal di Kabupaten Pemalang yang beralamat  di sebelah Selatan Pasar semut Desa Sidokare, Kecamatan Ampelgading,Kabupaten Pemalang yang ditunjuk sebagai tenaga ahli budidaya ikan patin ketika diwawancarai dilokasi mengatakan saat ini sedang kami bimbing budidaya beternak ikan patin di rutan kelas IIB Pemalang  dengan membuat kolam bulat dengan diameter dua meter sebanyak lima buah dengan isi masing 1000 ekor maksimal dan nanti kalau sudah ahli satu kolam bisa diisi 5000 ekor.  “Kendala  yang ada nanti pembudidaya akan senang sehingga akan sering memberi makan ikan, seharus diberi makan satu hari dua kali, nanti setiap kali nengok akan memberi makan. Yang  kedua terhadap penyakit yang diderita ikan belum paham,  oleh karena itu mereka harus tahu ciri umum yang paling mudah untuk menditeksi ikan yang sakit adalah akan ngambang dan cara mengatasinya bisa diberi garam satu kilo pada setiap kolam atau diberi air rebusan daun pepaya,” ucapnya.
Terkait dengan budidaya ikan patin,  Pip sudah menekuninya sejak tahun 2014 sampai sekarang dan hasil sangat lumayan bisa dijadikan andalan untuk berwiraswasta. (Red.HP / JL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 4 =