Sejarah Kelam Pemboman Jembatan Akan Terhapus Dengan Kegiatan TMMD

0
62

Banyumas, Harian Pemalang  – Dari sejarah tutur, diperoleh informasi, jembatan Sungai Belot di Desa Rempoah yang saat ini sedang dibangun melalui Satgas TMMD, jembatan tersebut pernah sengaja dihancurkan pada masa penjajahan Belanda sekitar tahunn 1831 yang lalu. Tidak diketahui pasti latar belakang dari pemboman itu.

Hanya saja akibat runtuhnya jembatan itu mengakibatkan tersendat dan terputusanya akses warga masyarakat dari Rempoah ke Kemutug Kidul maupun ke Desa Kemutug Lor dan atau sebaliknya. Pernah diupayakan memasang plat besi kanal C di atas jembatan itu, hanya saja tidak  diketahui  dengan pasti, kapan barang-barang itu raib satu persatu. Akibatnya, sudah puluhan tahun karena tiadanya jembatan akses antara dua desa, yakni Desa Rempoah dan Desa Kemutug Kidul tersendat.

Kini secercah harapan baru muncul menyusul adanya TMMD Reguler ke -99 Kodim Banyumas yang akan membangun kembali jembatan Sungai Belot tersebut. Menurut Danramil Baturaden, Kapten Inf. Ruswanto, proses pembangunan jembatan tersebut sudah mencapai sekitar 40 persen, dan diharapkan sesuai planing jembatan akan bisa jadi sebelum TMMD ditutup. ”Mudah-mudahan apa yang diupayakan TNI Kodim Banyumas bisa bermanfaat bagi masyarakat luas,” harap Danramil Baturaden.(Red.HP/PB)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

one + fourteen =