“Perang Balon Air” Bukan Tradisi Tapi Keisengan

0
340
Pemalang, Harian Pemalang – Selama Ramadhan Alun-alun Pemalang jelang lepas sholat subuh dibanjiri anak anak-anak maupun remaja. Banyak kegiatan yang dilakukan, akan tetapi banyak pula yang sekedar jalan-jalan ataupun bermain. 
Beberapa tahun terakhir ini, jelang lepas subuh banyak anak anak-anak maupun remaja nyang melakukan “Perang Balon Air”. Entah itu tradisi ataupun hanya keisengan anak-anak maupun remaja tidak jelas asal usulnya. Memang jelang Ramadhan banyak pedagang yang menjual balon yang diisi air. Dijual dengan harga 2.000 sampai 5.000 per kantong isi beberapa balon air.
Balon air ini akan dilemparkan ke seseorang ataupun kelompok anak, awalnya mungkin keteman yang dikenalnya, lama kelamaan ke setiap yang melintas di alun-alun dilempar balon air ini. Membuat emosi yang kena lempar, sehingga dimungkinkan untuk saling berbalas lempar. 
Tahun kemarin maupun tahun sebelumnya pihak terkait pun dalam hal ini kepolisian maupun satpol PP telah merazia penjual balon air ini, dan melarang saling lempar balon air.
Akan tetapi dalam ramadhan tahun ini kebiasaan jelek tersebut pun masih berlangsung. Oleh karena itu kepolisian sektor Pemalang melaksanakan kegiatan patroli setelah Sholat Subuh di alun-alun kota Pemalang, selain melaksanakan patroli sekaligus merazia para pedagang balon air, Selasa (13/06).

 

Razia pagi itu yang dipimpin oleh Kanit SPKT Ru III Aiptu Bekti Irianto dan anggota Sabhara langsung menyita beberapa balon air yang dijual di sekitar alun-alun dan berhasil menangkap salah satu  pelaku pelemparan balon air yang bernama Zaenal, 18 th, Kel.Pelutan Pemalang. Setelah petugas memberikan arahan dan pembinaan kepada mereka, baik para penjual maupun pelaku merasa menyesal dan tidak akan mengulangi perbuatannya lagi. Selanjutnya petugas berpesan agar larangan pelemparan balon air ini diteruskan kepada temannya yang lain.

“Kapolsek Pemalang AKP Tarhim, S.H. memerintahkan anggotanya untuk terus melakukan/ merazia para pedagang balon air yang berada di alun-alun dan memberikan himbauan tentang bahaya/ dampak yang terjadi dengan melakukan pelemparan balon air . Saat ini hasil razia balon air diamankan di Polsek Pemalang.” tegas AKP Tarhim, S.H. (Red.HP)

Foto by Judi Cruise

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

15 − 9 =