Pertama Kali, Pemuda Dukuhseti Gelar Dialog Lintas Agama

0
76
Pati, Harian Pemalang  – Sekumpulan pemuda yang terhimpun dalam Pemuda Dukuhseti, Kabupaten Pati, akan menggelar dialog lintas agama dalam agenda Kidung Damai Dukuhseti dan Buka Bersama. Sesuai rencana, kegiatan itu akan digelar pada Kamis 22 Juni 2017 mendatang, pukul 15.30 WIB sampai selesai di angkruk Kenanti, Dukuhseti, Pati.

Direncanakan, kegiatan itu akan diisi oleh beberapa tokoh perwakilan agama Islam, Kristen dan sejumlah tokoh masyarakat dan agama setempat. “Kami sudah mengundang beberapa tokoh sejumlah agama. Kami menggelar agenda tersebut dalam rangka mempertahankan kerukanan dalam bingkai kebhinekaan. Karena Kecamatan Dukuhseti sudah rukun, maka ya kami pertahankan,” beber Anwar Ketua Pemuda Dukuhseti, Selasa (20/6/2017).

Panitia telah mendapuk romo perwakilan dari Kristen, lalu Khoirul Anwar Afa Alhafiz pemuda asal Ngagel dan pendiri Kampung Hafiz, Hamidulloh Ibda pemuda asal Dukuseti yang juga Direktur Utama Forum Muda Cendekia (Formaci) dan dimoderatori  pemuda asli Dukuhseti.

“Kemarin sudah ada konfirmasi dari dua tokoh kristiani dan siap menjadi pemateri. Nah, Saya berharap semua pihak mendukung dan hadir dalam kegiatan tersebut,” beber dia.

Kegiatan bertema “Mempertahankan Persatuan dan Kebhinekaan Dukuhseti Sampai Mati” ini juga mengundang tokoh ormas dari NU, Ansor, IPNU dan perwakilan dari pemerintah desa setempat.

Pihaknya mengatakan, bahwa Dukuhseti dalam kajian historis dan budaya sangat menarik. Apalagi, belakangan sejak ada Soimah Pancawati yang berasal dari Desa Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti, juga Marwan Jafar dari Dukuhseti, menaikkan rating Dukuhseti di media massa.

“Dukuhseti sejak dulu memang plural. Kalau kita survei, pasti banyak yang beragam, mulai dari suku, bahasa, juga agama dan budaya,” lanjut dia.

Pihaknya sangat mendukung adanya kegiatan-kegiatan pemuda yang positif. Tidak hanya internal Islam, namun juga perlu lintas agama agar humanis dan mempertebal kerukunan. “Bagi yang ingin berpartisipasi atau bertanya, silakan lansung kontak saya di nomor 089 637 778 370,” pungkas dia. (Red.HP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 − seven =