Apa Yang Berubah Setelah Shaum Ramadhan?

0
65

Pemalang, Harian Pemalang – Sholat idul fitri diselenggarakan di lapangan Mochtar, sirandu Pemalang, Minggu (25/6). Sholat ied yang dilaksanakan pukul 06. 40 wib di ikuti sekitar 5 ribu Jama’ah.

Selaku Imam dan Khotib idul fitri Drs. H. M. Zabidi dari Kendal dengan mengambil tema “Apa Yang Berubah Setelah Shaum Ramadhan?“.

Sebelum khotbah dimulai Zabidi menyampaikan bahwa teks yang dibagikan oleh panitia dijadikan sebagai referensi saja, sedangkan dalam kotbah ini, dia lebih senang menyampaikan kotbah secara langsung dengan durasi antara 15 sampai 20 menit.

Dalam awal khotbah, Zabidi menerangkan penghitungan waktu sholat. Menerangkan beberapa bulan khusus dalam satu tahun yang harus ditentukan dengan isbat.

Dalam ramadhan kemarin, ada beberapa kebiasaan sehari hari yang dirubah yang tujuannya untuk menuju takwa kepada Allah SWT.

” Dengan puasa, Allah melatih manusia yang beriman untuk merubah pola kebiasaan. Dari kebiasaan yang bersifat fisik meningkat ke kebiasaan attitude, artinya menjauhi sikap sikap marah, memakai, mengunjing, jidal, menipu, korup dll dan meningkat lagi kekebiasaan mental, artinya tidak sombong, riya, takabbur, ujub, sum’ah, hasad, dengki, cemburu, iri dsb.” jelas Khotib.

Lebih lanjut, Khotib menyampaikan pula, “Setelah ramadhan selesai insyaallah kita sudah berpribadi membaja, istiqamah dan qana’ah.”

“Dengan inayah dan hidayah Allah SWT, insyaallah kita tampil dengan tutur kata yang menyejukkan kalbu sesama bisanya, tidak menggantungkan hidup kepada sesama manusia.”

Diakhir ramadhan ditutup dengan silaturahmi yang diawali dengan mengeluarkan zakat fitrah. (Red.HP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × three =