Layak Tidakkah Anggaran Pilgub Jateng 2018

0
77

Semarang, Harian Pemalang  – Pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 sudah di depan mata. Kini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng berencana melakukan uji publik anggaran Pilgub Jateng 2018 yang dilaksanakan secara serentak dengan Pemilihan Bupati/ Walikota.

Ketua KPU Jawa Tengah Drs Joko Purnomo mengatakan uji publik anggaran ini dilakukan setelah penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

“Penandatangannya NPHD sesuai informasi yang kami terima akan dilaksanakan pada Juli mendatang, pastinya belum tahu,” beber Joko Purnomo di Kota Semarang, Rabu (28/6/2017).

Mantan Ketua KPU Wonogiri ini menegaskan bahwa uji publik diharapkan mencapai tiga sasaran. Pertama mengumumkan dana yang disiapkan untuk KPU untuk melaksanakan Pilgub Jateng.

Kedua, peruntukan anggaran sehingga masyarakat melihat pengeluaran itu pantas atau tidak, sehingga harus dipertimbangkan lagi. Sedangkan yang ketiga adalah uji publik pendanaan, sebagai bentuk pertanggungjawaban awal kepada publik, selain pada akhir juga memberikan pertanggungjawaban kepada publik. “Uji publik itu, dilakukan dengan mengundang stakeholder dan hasilnya akan disosialisasikan sampai ke masyarakat tingkat bawah,” beber Joko.

Tidak hanya uji publik anggaran, KPU Jateng juga akan mempersiapkan uji publik Daftar Pemilih Sementara (DPS). Uji publik DPS ini dilakukan pada saat proses pemutakhiran daftar pemilih atau pada sekitar November 2018 mendatang.

 

Pihaknya berharap Pilgub Jateng dilaksanakan secara menyenangkan yakani melakukan kampanye yang mengembirakan dan debat yang benar-benar adu argumen masing-masing program. (Red.HP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 + 16 =