Siaran Radio Pada Masa Kini

1
187

 Artikel/Opini Masyarakat

Oleh : I Wayan Budiartawan

(Alumnus ITB)

 

Denpasar, Harian Pemalang – Sekarang radio  dalam bentuk digital ada dalam komputer tablet. Siaran radio menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi rangkaian terintegrasi. Kemajuan teknologi semikonduktor ini sangat pesat sehingga memungkinkan radio dibuat seperti apa yang bisa dinikmati dari komputer tablet yang sekarang membajiri pasaran.

 

Dulu pada tahun 1980’an radio di rumah-rumah penduduk diperdengarkan dengan bentuk menyerupai kotak. Ketika itu siaran radio sering mengalami gangguan bising atau istilah teknisnya “noise”. Pada tahun 2017 ini radio menjadi satu dengan komputer tablet dalam ukuran genggaman tangan. Teknologi sudah sedemikian maju sehingga radio digital sekarang tidak lagi ada suara bisingnya.

 

Siaran radio mengubah dunia. Komunikasi radio menghubungkan tempat-tempat di belahan bumi ini di manapun tanpa mendapatkan halangan. Siaran radio masih digemari orang sehingga radio berkembang terus sampai bentuknya hari ini. Komputer tablet sangat praktis dibawa ke mana-mana. Siaran radio pun dapat dinikmati orang dengan di mana-mana.

 

Mauritius, negara kepulauan di barat Afrika, menyiarkan radio dalam bahasa Perancis, Inggris dan bahasa asli setempat. Mauritius memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1968 dengan pemerintahan berbentuk kerajaan. Kemudian pada tahun 1992, Mauritius berubah menjadi negara republik. Radio sekali lagi membuat negara kepulauan ini dikenal di seluruh dunia.

 

Siaran radio sudah dikomersialkan.Radio menyiarkan iklan/reklame untuk mendapatkan uang sehingga stasiun radio meraup keuntungan secara ekonomi. Radio menyiarkan berita untuk menarik peminat. Jurnalistik radio berperan dalam penyuluhan kepada penduduk di pelosok-pelosok desa. Radio menyiarkan hiburan Berupa agu-lagu pop yang lagi digetoli masyarakat terutama kalangan muda.

 

Radio berkembang sejak penemuan komponen transistor di Amerika Serikat pada tahun 1945. Tetapi Jepanglah yang pertama kali berhasil membuat radio transistor. Orang Jepang  terkenal sebagai bangsa yang ulet dan tekun. Orang Jepang maju dalam teknologinya karena berhasil “meniru” negara-negara Barat.

 

Orang-orang Indonesia belajar ke Jepang untuk mempelajari elektronika. Mereka pulang ke Indonesia lagi untuk mengajarkan ilmu yang diperolehnya di negeri Sakura itu kepada generasi muda di kampus-kampus. Elektronika sulit dipelajari, tetapi Jepang maju karena orangnya ulet dan pintar.(Red.HP)

1 KOMENTAR

  1. Radio berkembang sejak penemuan komponen transistor di Amerika Serikat pada tahun 1945. Tetapi Jepanglah yang pertama kali berhasil membuat radio transistor. Orang Jepang terkenal sebagai bangsa yang ulet dan tekun. Orang Jepang maju dalam teknologinya karena berhasil “meniru” negara-negara Barat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × 1 =