Harkop Jateng, Bupati Pemalang Bawa “Kebo Abang” Di Alun-alun Simpang Lima Semarang

0
194

Semarang, Harian Pemalang – Kirab budaya, pesta rakyat, serta rebutan gunungan beragam produk unggulan berbagai daerah merupakan rangkaian acara hari koperasi tingkat provinsi Jawa Tengah, yang diadakan di wisma perdamaian dan alun-alun simpang lima Semarang, Sabtu (8/7).

Seperti yang dikutip di akurat.co, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawa Tengah Ema Rachmawati di Semarang, Sabtu (8/7), mengatakan bahwa peringatan Hari Koperasi pada kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena dipadukan dengan pergelaran budaya dan dikemas dalam tema “Grebeg Koperasi”.

“Rangkaian kegiatan ‘Grebeg Koperasi’ diawali dengan pembukaan pameran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pada pukul 07.00 WIB di Wisma Perdamaian Semarang oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo,” ujar Ema.

Beragam produk UMKM dari 35 kabupaten/kota seperti batik dengan bermacam motif dan model, aneka kuliner, serta beragam kerajinan unik dan menarik terpajang di lantai dasar Wisma Perdamaian.

“Setelah membuka pameran tersebut, Bapak Gubernur berjualan sembako murah, selanjutnya naik andong dengan diarak beragam kesenian tradisional dan gunungan menuju Lapangan Pancasila di kawasan Simpang Lima Semarang untuk upacara peringatan,” imbuhnya.

Ema menjelaskan, gunungan dari Pemprov Jateng berisi aneka bahan mentah seperti buah kelapa, padi, dan produk pertanian lainnya, sedangkan gunungan dari pemerintah kabupaten/kota berisi beragam produk jadi seperti gula aren dan produk UMKM lainnya.

“Selesai upacara, semua gunungan bisa diperebutkan oleh masyarakat dan kami juga mengadakan pesta rakyat dengan menyediakan makan gratis untuk ribuan orang,” katanya.

Tidak ketinggalan, Bupati Pemalang H. Junaedi bersama dengan kepala disperindag dan Jajarannya juga meramaikan grebeg budaya. Gunungan dari kabupaten Pemalang yang berisi hasil bumi dan aneka makanan dikawal oleh pembawa bendera pataka dan pasukan “Kebo Abang” karya kaloka Art.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengapresiasi peringatan Hari Koperasi dengan mengolaborasikan upacara dengan budaya sehingga suasana meriah dan semua komponen masyarakat terlibat dalam acara.

Rangkaian kegiatan peringatan itu, kata Ganjar, sekaligus momentum untuk membangkitkan sekaligus mengembangkan koperasi di Jateng supaya lebih baik. “Ini merupakan momentum yang bagus,” katanya.(Red.HP)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 + 12 =