Berburu Pekerjaan Lewat Internet

0
105
Artikel/Opini Masyarakat 
Oleh : I Wayan Budiartawan
Denpasar, Harian Pemalang – Internet itu media yang ampuh untuk promosi lowongan kerja. Situs-situs bermunculan tempat pencari kerja melihat kesempatan memperoleh  pekerjaan sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki. Internet berfungsi persis seperti iklan lowongan di media seperti surat kabar yang lebih dulu ada. Internet lebih praktis terlebih lagi dengan diproduksinya komputer tablet seukuran telpon genggam.

Perusahaan-perusahaan menaruh informasi lowongan di situs internet.  Pencari kerja tinggal  melakukan browsing dan memilih pekerjaan yang diminati. Biasanya di situs internet iklan peluang kerja disertai dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi pelamar kerja seperti ijazah, batas usia, jenis pekerjaan dan lain-lain.
Pelamar kerja di internet dipermudah cukup hanya mengirim curriculum vitae (CV) lewat email atau via nomor
telpon. Balasan dari perusahaan  bisa datang sejam kemudian dan wawancara dilakukan hari itu juga. Beda dengan dulu ; iklan di surat kabar memakan waktu berhari-hari baru seseorang bisa mendapat panggilan via pos.
Bali adalah tujuan wisata yang ramai. Lapangan kerja terbuka luas bagi individu-individu yang menyukai tantangan berkarir untuk mendukung lancarnya industri pariwisata. Iklan lowongan bisa muncul di kampus buat yang baru lulus dan diwisuda menjadi sarjana. Situs internet di tiap kampus banyak menawarkan kesempatan untuk menjadi karyawan di perusahaan di sekitarnya. Untuk umum ada situs yang mengiklankan lowongan dan masyarakat bisa mengakses informasi itu dari rumah via ponsel.
STIKOM Bali contohnya di situs resminya ada  dipasang peluang kerja. Wiwiek B.Septiari adalah salah seorang personel HRD yang memanggil pelamar kerja untuk bekerja dibidang “internet marketing”. Wiwiek B.Septiari bekerja untuk sebuah restoran India yang terbesar di kawasan wisata Kuta.
Bali Advertizer adalah situs iklan yang dioperasikan dari Jalan Patih Jelantik di bilangan Kuta. Bunga Mastari Dewi adalah salah satu petugas “human resource” yang memangil pelamar kerja untuk menjadi sales penjual produk tekstil. Bunga Mastari Dewi bekerja untuk sebuah perusahaan yang menjual produk teksil bagi turis-turis asing. (Red.HP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × two =