Dunia Perbankan Dan Internet

0
115
Opini/artikel  Masyarakat 
 Oleh : I Wayan Budiartawan
Denpasar, Harian Pemalang – Bank besar di Indonesia seperti Mandiri memberikan layanan sepenuhnya kepada nasabah melalui internet. Sekarang dengan layanan mobile seseorang bisa melakukan transaksi dengan hanya menggunakan smartphone. Ditambah juga dengan layanan bayar listrik, air, pulsa telpon, asuransi, dan lain-lain. Teknologi internet maju merambah ke dunia perbankan.
Mandiri adalah bank pemerintah yang sukses besar dan telah membuka cabang sampai di tingkat kecamatan untuk menampung animo masyarakat akan sebuah bank yang praktis. Mandiri mobile adalah layanan internet canggih yang bisa di-install di ponsel sehingga nasabah bisa melakukan transaksi di mana saja dan kapan saja. Mandiri menjaring  nasabah sampai ke bawah. Tidak hanya di Jakarta.

Layanan bank via internet memicu bisnis online hingga ke desa-desa.  Nasabah bisa berbelanja online di internet. Pos membawa barang pesanan ke alamat pembeli. Dunia pos sudah lebih dulu eksis sampai ke kelurahan. Sekarang muncul jasa pengiriman paket seperti JNE, Tiki, dan lain-lain  di samping departemen pos dan giro. Online store semakin marak.

Ibu-ibu rumah tangga menawarkan produk online menambah penghasilan. Bisnis seperti obat-obatan herbal menjamur di internet. Pakaian jadi dari merek terkenal seperti kaos Billabong pun ditawarkan orang di facebook.
Internet bangking mempermudah pelaksanaan sistem bisnis online. Nasabah bank tentu bertambah karena banyak orang berusaha  lewat internet.
Mandiri online sendiri bisa melakukan transfer uang dengan bank lain juga seperti BRI, BNI atau bank swasta BCA. Berbelanja di internet  bukan hanya dilakukan oleh orang-orang di kota besar. Dari desa pun orang bisa memesan barang secara online dari ibu kota Jakarta. Teknologi menyederhanakan layanan bank, cukup dengan browsing layar ponsel orang bisa transaksi.
Buka Lapak diiklankan di televisi sebagai sistem bisnis online. Bisnis online ini menggunakan layanan  Mandiri, BNI, BRI untuk melakukan pembayaran Barang barang. Buka Lapak memakai komunikasi email dengan pelanggan.  Jasa pos, JNE, Tiki membawa paket ke tempat tujuan.  Buka Lapak satu-satunya pelopor bisnis terbesar di Indonesia.
Bank tempo dulu masih melakukan layanan manual. Nasabah mesti antri sampai berjam-jam untuk berbisnis.
Sekarang internet mengambil alih sistem perbankan. Hidup semakin mudah saja. Di samping pro dan kontra adanya teknologi internet yang dituding dapat merusak moral generasi muda.(Red.HP) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

eighteen + 10 =