75 % Lulusan SMKN 1 Ampelgading Langsung Masuk Dunia Kerja

0
280

Pemalang, Harian Pemalang – Slogan “SMK bisa” yang selama ini dijadikan iklan untuk mempromosikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ternyata bukan isapan jempol, hal tersebut bisa dibuktikan di salah satu SMK Negeri 1 Ampelgading, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

“SMK Bisa!! Bisa kuliah, bisa kerja,” kata Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Ampelgading Drs. Basari didampingi ketua Bursa Kerja Khusus (BKK) Perkasa. Drs. Cashuri ketika ditemui di kantornya Selasa(18/7/2017) dan sedang menerima pamitan alumni siswanya yang akan bekerja ke Jepang. “Alumni  SMK N 1 Ampelgading sudah kami biasakan untuk melalukan tradisi pamitan, mohon do’a restu kepada dewan guru maupun adik kelasnya bagi mereka yang akan berangkat kerja seperti kedua alumni ini Fredi Kurniawan (20) lulusan 2016, Moch. Apriyadi (teknik  kendaraan ringan) mereka akan berangkat kerja di PT. JIAEC (Japan Indonesia Assosiation for Economic Corporation), PT.JIAEC (Japan Indonesian Ekonomic Center), SMK N1 Ampelgading bekerja sama dengan PT. JIAEC dimulai sejak tahun 2009 dan sampai sekarang sudah ada 49 (empat puluh sembilan) alumni yang bekerja di PT tersebut”, jelas Drs. Basari.

Masih kata Drs. Basari, tahun 2017 SMK Negeri 1 Ampelgading meluluskan siswa sebanyak 669 (enam ratus enam puluh sembilan) siswa, 75 % lebih sudah masuk kerja di perusahaan-perusahaan besar sesuai dengan jurusannya masing-masing, dan yang lainnya masih dalam daftar tunggu, sebagian lagi ada yang melajutkan untuk kuliah.

Hal senada juga dikatakan oleh Drs, Cashuri ketua Bursa Kerja Khusus (BKK) Perkasa SMK Negeri 1 Ampelgading dari 669 siswa yang lulus ditahun 2017 sebanyak 345 orang yang sudah secara resmi bekerja, yang lainnya dalam daftar tunggu ,”perlu kami sampaikan SMK adalah miniaturnya perusahaan, harus banyak dunia industri yang mecarinya, karena besarnya SMK bukan seberapa banyak alumninya diterima diperguruan tinggi, tetapi seberapa banyak siswanya diterima di dunia Industri,”jelas Ketua BKK Perkasa.

Drs, Cashuri juga berharapa, mereka para alumni yang sudah bekerja bisa ikut membangun ekonomi baik ekonomi keluarga, maupun perekonomian di Kabupaten Pemalang dan SMK N 1 Ampelgading bisa menjadi percontohan bahwa lulusan SMK itu bisa, bisa kuliah, bisa kerja.( Red.HP/JL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

18 + two =