DKK Pemalang Tingkatkan SDM Lebih Mumpuni

0
178

Pemalang-Pertumbuhan tenaga ahli kesehatan masyarakat sekarang sudah berkembang. Sehingga Dinas Kesehatan (Dinkes) menggadakan pelatihan di Hotel Winner Primer Kabupaten Pemalang (18/7). Pelatihan tersebut ditunjukkan bagi para tenaga kesehatan yang bertugas di klinik, puskesmas dan rumah sakit.

“Pertumbuhan kesehatan sudah berkembang, sehingga disetiap desa diharapkan sudah mempunyai klinik maupun puskesmas untuk pelayanan kesehatan,” kata Erna Nuraini Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang.

Dalam pelatihan ini peserta juga dilatih untuk menggunakan sebuah aplikasi dari dinkes. Dengan aplikasi tersebut tenaga kesehatan diharapkan bisa mengetahui jumlah pertumbuhan tenaga kesehatan disetiap daerah. Selain berfungsi untuk mengetahui jumlah tenaga ahli kesehatan, aplikasi itu juga berfungsi untuk penyusunan  kebutuhan klinik, puskesmas maupun rumah sakit yang sudah terhubung dengan pemerintah.

“Peserta dilatih untuk menggunakan aplikasi yang sudah dibuat dinkes untuk kebutuhan tenaga ahli kesehatan maupun intitusi kesehatan,”tandasnya.

Erna Nuraini juga mengatakan  pelatihan perencannan Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan ini untuk meningkatkan kebutuhan SDM kesehatan. Sehingga kualitas SDM bisa menggunakan aplikasi penyusunan kebutuhan untuk institusi kesehatan. Dengan hal itu intitusi dapat mengetahui kebutuhan SDM maupaun personil sesuai dengan kebutuhan dari Badan Kesehatan Daerah (BKD).Supaya Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari intitusi kesehatan tidak perlu menambah anggota.(Red.HP/JL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

eighteen − 13 =