Aksi Seroja Semangat Membangun Jamban

0
106

Pemalang, Harian Pemalang  – Bertempat di Balai Desa Kebandaran, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah Kamis (13/7/2017), puluhan warga utusan dari 19 ( sembilan belas) desa di Kecamatan Bodeh dengan seksama mengikuti paparan dari para nara sumber dalam agenda,”Mini Lokakarya Lintas Sektoral Konsolidasi Percepatan ODF Kecamatan Bodeh Dan Launching Pekan Aksi Seroja (Semangat Gotong Royong Membangun Jamban).

Sebagai nara sumber dalam kegiatan acara tersebut Camat Bodeh, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang, Komandan Rayon Militer (Danramil) Bodeh, “Seroja dibangun oleh Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Kecamatan Bodeh bekerjasama Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang disebabkan karena warga banyak yang belum memiliki jamban, data menunjukkan hanya 70% warga kecamatan Bodeh yang sudah membangunya dan 30% belum mempunyai untuk itu aksi gerakan ini dilakukan,” kata dr. Abdurahman Kepala Puskesmas Bodeh dalam sambutannya ketika membuka acara tersebut.

Sementara itu Kepala DKK Pemalang yang diwakili oleh dr. Melanie Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat menyampaikan dalam paparnya, “Program seroja sudah sesuai dengan yang ada di dinas kesehatan, sehingga untuk aksinya melibatkan masyarakat  di setiap kecamatan.  Aksi seroja bertujuan untuk membuat warga menjaga kesehatan diri dan lingkungan dengan tidak membuang air besar di sungai atau sembarang tempat,  oleh karena itu akan dibuatkan jamban bagi warga yang tidak mempunyai jamban akan kita buatkan supaya mereka bisa menjaga kesehatan diri,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan dr. Melani, penyakit yang ditimbulkan dari membuang air besar di sungai itu sangat banyak, sehingga melalui program ini warga diimbau untuk tidak melakukanya lagi apa lagi program ini merupakan intruksi dari pemerintah pusat supaya setiap rumah mempunyai jamban,“Setiap rumah diharapkan sudah mempunyai jamban sendiri-sendiri sehingga tidak membuang air besar disungai lagi,” Pungkasnya. (Red.HP)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × five =