SMA Negeri 1 Pemalang Menjadi Salah Satu Sekolah Rujukan di Jateng

0
865

Pemalang, Harian Pemalang – Tidak kurang dari seribu orang tua murid/wali murid kelas X dan XI SMAN 1 Pemalang memenuhi aula SMAN 1 Pemalang untuk menghadiri “Rapat pleno komite sekolah SMA Negeri 1 Pemalang tahun pelajaran 2017/2018” pada Jum’at (28/7) mulai pukul 13.15 wib.

Dalam awal pertemuan, Kepala Sekolah Aryanto, mengenalkan jajarannya mulai Wakil Kepala sekolah dan wali kelas X dam XI serta ketua TU

Dalam penjelasannya Kepsek SMA Negeri 1 Pemalang, mengatakan bahwa SMA Negeri 1 Pemalang merupakan salah satu dari dua sekolah di eks Karesidenan Pekalongan yang ditunjuk boleh pemerintah pusat sebagai Sekolah Rujukan. Sedangkan sekolah rujukan se Jawa Tengah hanya sebanyak 24 sekolah termasuk SMA Negeri 1 Pemalang.

Sekolah rujukan merupakan jelmaan dari sekolah yang dulunya sekolah RSBI walaupun tidak semua sekolah RSBI lolos menjadi sekolah rujukan.

Program unggulan SMA Rujukan meliputi pembina prestasi baik pengetahuan, seni, olah raga, dll.
‌Pengelolaan lingkungan (diantaranya pengelolaan sampah). Pembina OSN siswa dan Penelitian siswa.

Disamping itu Aryanto, juga menjelaskan program SKS yang dimandatkan oleh Permendikbud no. 158 tahun 2014. “sistem SKS beda dengan sistem akselerasi, dan diberlakukan mulai siswa kelas X di tahun 2017.” jelas Aryanto.

Menurut Permendikbud, sistem SKS ini bersifat fleksibel dimana peserta didik menentukan dan mengatur strategi secara mandiri. Sedangkan keunggulannya, memungkinkan peserta didik memperoleh kesempatan belajar dan mencapai tingkat kemampuan optimal sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan /kecepatan belajar.
Maju berkelanjutan, memungkinkan peserta didik dengan langsung mengikuti muatan, mata pelajaran atau program lebih lanjut tanpa terkendala oleh peserta didik lain.

Disamping itu program ini bersifat keadilan, dimana memungkinkan peserta didik mendapatkan kesempatan untuk memperoleh perlakuan sesuai dengan kapasitas belajar yang dimiliki dan prestasi belajar yang dicapai secara perseorangan.

Dalam acara ini juga di bentuk komite sekolah yang baru. (Red.HP/SE)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 + 11 =