H. Junaedi Berharap Koperasi Mampu Sejahterakan Masyarakat Pemalang

0
99
Pemalang, Harian Pemalang – “PENGUATAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN RAKYAT MELALUI KOPERASI DALAM BINGKAI NKRI”, merupakan tema sarasehan dan seminar nasional  yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Pemalang dalam rangka hari Koperasi Ke-70 Kab Pemalang tahun 2017,  Sabtu (5/8/2017).
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil gubernur Jawa Tengah, Drs H Heru Sudjatmoko Msi, Bupati Pemalang, H. Junaedi, S.H., M.M., OPD Kabupaten Pemalang, pengurus koperasi kabupaten Pemalang, 350 tamu undangan dan peserta.
Ketua Panitia, Drs. Happy (Kepala Disperindag Kabupaten Pemalang) mengungkapkan seminar nasional tersebut menghadirkan nara sumber-nara sumber yang kompeten di tingkat nasional, seperti Prof DR Hendrawan Supratikno (Anggota DPR RI PDIP Komisi XI), Ir Teguh Budiono Msi ( Staf Ahli Kementrian Koperasi RI), Dr Edy Lisdiono SH M.Hum (Dekan Fakultas hukum UNTAG Semarang), Warsono (Dekopin /Dewan Koperasi Indonesia) dan Adi Ekopriyono.
Drs. H. Heru Sudjatmoko dalam sambutannya mengungkapkan bahwa koperasi adalah salah satu bentuk usaha kita dalam mensejahterakan masyarakat indonesia dan diharapkan partisipasi dari masyarakat dalam memajukan koperasi sehingga dapat berjalan dengan baik dan maju.
“Perkembangan koperasi membawa dampak positif kepada penyerapan tenaga kerja serta peningkatan ekonomi masyarakat. Perlunya peningkatan penertiban pembukuan/administrasi koperasi sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kwantitas Koperasi. Permasalahan saat ini yang perlu kita galakan adalah bagaimana kita memberikan pendidikan/pelatihan-pelatihan kepada masyarakat sehingga mampu memproduksi/ memiliki usaha-usaha mandiri guna meningkatkan ekonomi yang di pelopori oleh Koperasi,” tambahnya.
Sedangkan Bupati Pemalang menyoroti tentang tujuan koperasi sebagai soko guru kesejahteraan masyarakat nasional dan berharap koperasi mampu mensejahterakan Masyarakat Kabupaten Pemalang khususnya.
Beberapa nara sumber yang diundang menyampaikan materi-materi yang berkaitan dengan perkoperasian. Prof DR Hendrawan Supratikno membahas tentang “Koperasi, Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat dan Keutuhan Negara Bangsa”.
Ir Teguh Budiono Msi menjelaskan tentang makna “Ketahanan Mental dalam Bingkai NKRI “, sedangkan Dr Edy Lisdiono SH M.Hum menyinggung “Tanggung Jawab Secara Hukum Pengurus Koperasi Dalam Membangun Usaha Koperasi “.
Pembicara lainnya, Warsono menyoal tentang “Jatidiri Koperasi sebagai Implementasi Pancasila”, sedangkan Adi Ekopriyono membahas tentang “Pemberdayaan masyarakat dan bingkai koperasi dalam bingkai budaya”. (Red.HP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × 4 =