Koperasi Harus Mampu Lindungi Produk Lokal

0
101

Pemalang, Harian Pemalang  – Bupati Pemalang, H. Junaedi berharap Koperasi-koperasi yang ada di Kabupaten Pemalang ikut berkontribusi dalam melindungi produk -produk lokal unggulan Pemalang agar terus berkembang. Harapan tersebut disampaikan Bupati saat memberikan sambutan dalam acara Seminar dan Sarasehan Dalam Rangka Hari Koperasi ke-70 Kabupaten Pemalang Tahun 2017, di Pendopo Kabupaten Pemalang. Bupati menambahkan, Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui Dinas Koperasi dan UMKM, Perindustrian Perdagangan tentu akan memberikan support dan dukungan agar koperasi terus berkembang. Koperasi, seperti yang disampaikan Bupati merupakan gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan. Sedangkan Ruh dari penguatan dan perkembangan koperasi adalah semangat gotong royong dan ekonomi kerakyatan yang merupakan nilai luhur bangsa Indonesia. Terkait hal itu, Bupati mengingatkan, agar keberadaan koperasi harus benar-benar bisa mensejahterakan anggotanya.

Bupati mengungkapkan, jumlah koperasi di Kabupaten Pemalang sampai dengan semester satu tahun 2017, adalah 560 koperasi. Dalam rangka peningkatan kualitas koperasi di Kabupaten Pemalang, Satu langkah yang harus dilakukan adalah dengan mengusulkan pembubaran sebanyak 20 koperasi di tahun 2016 dan 20 koperasi di tahun 2017 terhadap koperasi yang tidak aktif kepada Kementrian Koperasi dan UKN. menurut Bupati, fakta tersebut menunjukkan bahwa koperasi yang ada di Kabupaten Pemalang masih harus ditingkatkan. Sejalan dengan perkembangan yang ada, membangun koperasi tidak bisa menjadi monopoli pemerintah. disamping telah terjadi perubahan paradigma, bahwa peran pemerintah tidak lagi bersifat langsung dalam bentuk intervensi, baik dalam penyelenggaraan maupun usaha koperasi.

Selain seminar, juga digelar beberapa stand pameran UKM yang berisisi sejumlah hasil produk unggulan Kabupaten Pemalang antara lain, Dekranasda Kabupaten Pemalang, Fedep Pemalang, UKM Sarung Goyor, UKM Vitanas, UKM Kripik, UKM Sapu glagah, UKM Batik, UKM Astiri Jaya, UKM Aneka olah bandeng dan UKM Jahe merah.

Acara tersebut dihadiri Gubernur, yang diwakili , Wakil Gubernur Jawa Tengah, Heru Sujatmoko, Bupati bersama Forkopimda Kabupaten Pemalang, Staf ahli Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Rektor Tujuh belas Agustus, Semarang, Ka. Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah, Sekda dan segenap Jajaran Pemkab Pemalang Ketua beserta Jajaran Pengurus Dekopinda, Para Pengurus dan Pengawas Gerakan Koperasi se Kabupaten Pemalang, serta Narasumber, Hendrawan Supratikno, dan nara Sumber lainnya (Red.HP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

eighteen + 14 =