Penerapan Elektronik Industri Di Perum Indofarma

0
123
Opini/Artikel Masyarakat 
Oleh : I Wayan Budiartawan
Denpasar, Harian Pemalang – Elektronika industri atau industrial electronics secara umum terdiri dari seperangkat alat elektronika dengan kemampuan untuk mengatur valve, switch, dan lain-lain. Komputer dengan touchscreen dijadikan pusat kendali dalam sistem seperti ini. Perum Biofarma sebagai industri farmasi terdepan di negeri ini menerapkan jalur produksi obat dengan industrial electronics sebagai alat bantu.
Perum Biofarma sekarang sudah sangat maju. Perusahaan negara yang memproduksi obat-obatan ini berlokasi di Bandung. Di mulai sejak jaman Belanda berkuasa di Indonesia, industri obat ini telah mengeluarkan berbagai jenis pil dan kapsul. Setelah kemerdekaan,  Perum Biofarma dibentuk sebagai badan usaha milik negara oleh pemerintah RI.
Indonesia mau tidak mau  mesti mengikuti perkembangan teknologi di negara-negara maju. Apalagi industrial electronics banyak dipakai sebagai  alat otomatisasi di industri kelas dunia seperti pabrik obat. Dalam lingkungan teknologi tinggi seperti ini manusia mengoperasikan alat elektronika lewat layar sentuh atau touchscreen komputer untuk mengawasi jalannya produksi obat.
Perum Biofarma telah meraih sukses. Petinggi dan pejabat perusahaan negara yang satu ini menggalang kerjasama dengan ITB  dalam  program pelatihan bertopik elektronika industri atau industrial electronics. ITB bertindak sebagai pengajar dan karyawan Perum Biofarma hadir sebagai peserta pelatihan. Dana ditanggung oleh pihak Perum Biofarma lewat naskah perjanjian kerjasama dengan ITB.
Kecendikiawanan orang Perum Biofarma pantas diteladani. Setidak-tidaknya ada usaha menjembatani antara ITB sebagai perguruan tinggi dan Perum Biofarma sebagai industri obat yang mengaplikasikan teknologi tinggi sekompleks peralatan industrial electronics. Diharapkan tidak ada jurang pemisah atau gap antara lembaga pendidikan dan  dunia nyata di industri.(Red.HP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

fourteen + 1 =