Pesona Potensi Kabupaten Pemalang

Pemalang Kota Kecil Yang Ngangeni

1
1944
Opini Mahasiswa 

Oleh  : Nida Ul Hidayah (mahasiswa STEI SEBI Jurusan Akuntansi Syariah Depok Jawa Barat)

Pemalang, Harian Pemalang – Bagi pemudik yang melintasi jalur pantura akan dipastikan melewati kota pemalang, kota yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tegal di sebelah barat dan dengan Kabupaten Pekalongan di sebelah timur. Di sebelah utara Kabupaten Pemalang berhadapan langsung dengan Laut Jawa, sedangkan sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Purbalingga.

Seperti kota-kota lain yang ada di Indonesia, kota ini pun punya julukan tersendiri, yakni Pemalang Ikhlas. Kenapa bisa begitu? Karena kata “Ikhlas” merupakan akronim dari Indah, Komunikatif, Hijau, Lancar, Aman dan Sehat. Julukan Pemalang ini juga sangat lekat dengan para warganya yang terkenal dengan ramah dan rendah hatinya.

Kota yang memiliki Kabupaten dengan nama kota Pemalang tersebut memiliki berbagai potensi yang sangat luar biasa, mulai dari pantai hingga gunungnya.
Ada berbagai pantai yang sangat indah dan banyak di lirik oleh para wisatawan. Pantai pertama yang cukup terkenal di Pemalang yaitu Pantai Widuri. Wisata Pemalang Pantai Widuri ini berada tidak jauh dari pusat kota Pemalang yaitu sekitar 3 km saja. Banyak wisatawan yang berlibur ke Pantai ini karena aksesnya mudah dan memiliki pemandangan laut yang indah dan tidak kalah dengan pantai pantai di daerah perkotaan di Indonesia. Banyak fasilitas yang disediakan di Pantai Widuri ini, seperti kolam renang, lapangan tenis, panggung hiburan, permainan anak dll. Dengan ditambahnya waterboom yang di bangun beberapa tahun silam semakin menambah semaraknya Pantai Widuri di Pemalang ini. Pantai selanjutnya ialah pantai Blendung, pantai yang berlokasi di desa Blendung Kecamatan Ulujami ini pantainya masih sepi namun pemandangannya tidak kalah sejuk dengan pantai Widuri karena masih asri dan tidak terlalu banyak polusi. Selain pantai widuri dan pantai Blendung kota pemalang juga memiliki pantai Joko Tingkir yang berlokasi di Desa Nyamplungsari, Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Pantai ini juga belum banyak terjamah oleh wisatawan, meskipun belum terkenal pantai ini memiliki pemandangan yang teduh karena banyak pohon yang berada di sekitar pantai.

Kekayaan alam yang dimiliki pemalang bukan hanya pantai saja, masih banyak kekayaan alam yang lain. Sekarang untuk menikmati pemandangan dan sejuknya kebun teh, tidak harus pergi ke kota Bogor, warga pemalang juga mempunyai kebun teh yang sangat indah dan sejuk karena kebetulan berlokasi di lereng gunung Slamet tepatnya di daerah Sidamulya Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang.

Diantara berbagai potensi wisatanya ternyata pemalang juga memiliki potensi wisata religi, banyak obyek wisata yang sudah ada dan dikenal masyarakat, seperti pemakaman para ulama yang dijadikan tempat ziarah, pun dengan berbagai pondok pesantren yang sudah menyebar di berbagai daerahnya.

Jika kita bericara tentang potensi daerah, pasti tidak akan ketinggalan membicarakan kulinernya, Jika kita melewati sepanjang jalan kota pemalang, kita akan menemui berbagai kuliner khas mulai dari makanan berat sampai makanan ringan, Diantaranya adalah Nasi Grombyang, manisan buah seperti nanas dan pepaya, Tahu Pletok, Kue Kamir, Ogel Ogel, kue apem, macam macam Kerupuk dan masih banyak lagi kuliner khas lainnya.
Pemalang merupakan kota yang sangat asri, hal ini dikarenakan kota pemalang berlokasi di kaki Gunung Slamet, daerahnya yang sejuk dan rindang membuat banyak wisatawan yang berekreasi di kota Pemalang, sehingga hal inipun membuat para warganya untuk memanfaatkan sumber daya yang ada untuk dijadikan mata pencaharian.
Banyak warga yang memanfaatkan hasil dari sumber daya alam, seperti pemanfaatan tanah sebagai lahan pertanian di daerah dataran rendah di Pemalang. Tanah sebagai lahan pertanian didaerah Ulujami Pemalang banyak dimanfaatkan untuk menanam sumber daya alam pertanian, meliputi tanaman untuk makanan pokok, seperti padi, jagung dan sagu atau palawija yang terdiri dari ubi-ubian, kacang-kacangan dan holtikultura yang meliputi berbagai jenis sayuran dan buah-buahan.

Untuk pemanfaatan sumber daya laut di daerah kabupaten pemalang yaitu daerah pantai pulau jawa (Laut Jawa), masyarakat pesisir pantai memanfaatkan sumber daya yang ada untuk kebutuhan hidupnya. Pemanfaatan alam pada daerah pesisir pantai meliputi pemanfatan lahan di sekitar pantai dan pemanfaatan sumber daya laut yang ada, seperti pembuatan Olahan bandeng dan olahan ikan lainnya yang dijadikan makanan olahan khas daerah.

Lahan kosong yang tidak dijadikan tambak atau budidaya ikan, dapat dijadikan suatu perkebunan, seperti perkebunan melati. Tanaman bunga melati merupakan tanaman yang dapat hidup di daerah pantai dan warga pesisir pantai banyak yang menanam tanaman melati ini.
Dan tak jarang juga banyak warga yang memanfaatkan hasil perkebunan seperti pembuatan gerabah, tas kulit, kerajinan dompet, sapu glagah dan kerajinan tangan yang lainnya.

Dengan begitu luasnya kota Pemalang dan potensinya yang sangat banyak, maka hal ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah untuk mengembangkan perekonomian Indonesia di masa mendatang. (Red.HP)

1 KOMENTAR

  1. Orang tua / ibu lahir di pekauman belakang mesjid agung alun alun pemalang.sekolah sd smp i pekalongan sma di wiradesa dan .kuliah di semarang.penuh kenangan .merantau di banjarmasin kalsel.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven − 6 =