Pemalang Sukses Gelar Sampan Pantura

0
210

Pemalang, Harian Pemalang – Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga pemerintah kabupaten Pemalang mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah kegiatan event bersama wilayah Sapta mitra pantura (SAMPAN) se Eks Pekalongan. Kegiatan yang dipusatkan dan dibuka oleh bupati Pemalang H. Junaedi di alun-alun Kabupaten Pemalang, Sabtu (26/8). Kegiatan yang berlangsung selama dua hari sabtu – minggu (26 – 27/8/2017).

Pada hari Sabtu Malam minggu pukul 20.00 gelaran pembuka dipercayakan pada Campur sari Sri Panggih dari UPPK Kabupaten Pemalang.

Kegiatan yang dihadiri perwakilan kesenian dari Kabupaten/kota Pekalongan, Kabupaten Pemalang, Kabupaten/kota tegal dan Kabupaten Brebes, minus Kabupaten Batang yang absen di kegiatan ini. Menampilkan beberapa kreasi tari tradisional maupun tari kreasi baru.

Menurut kepala Dinas Parpora Kabupaten Pemalang, Sapardi, tujuan Sampan Pantura adalah meningkatkan produktivitas, kreativitas dan kualitas para seniman seniwati sepantura Barat. Sebagai upaya meningkatkan wawasan apresiasi budaya antar pelaku seni, pemerhati seni dan masyarakat pada umumnya.

Lebih lanjut lanjut Sapardi mengemukakan tujuan Sampan Pantura ini, “Sebagai sarana meningkatkan jalinan komunikasi, kerjasama serta tukar pengalaman sesama pelaku seni. Sarana untuk memperkenalkan, mempromosikan dan menyebarluaskan produk karya seni se Eks Karesidenan Pekalongan.”

“Menggalang dan memupuk rasa persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa dalam semangat kebhineka tunggal ika.” ungkap Sapardi dalam sambutannya sebagai tuan rumah sampan Pantura ini.

Setelah resmi dibuka oleh Bupati Pemalang, gelaran ini menampilkan eloknya tarian topeng dari kabupaten Brebes, kemudian disambung dengan tari melati dari desa Kaliprau, Ulujami, Pemalang.

Sintren kreasi dengan nama Renggong manis dari kabupaten Tegal juga meramaikan gelaran ini. Kabupaten Pemalang mendapat kesempatan menampilkan pula tari denok kreasi sanggar Srimpi dari Ujunggede, Ampelgading. Dan ada pula tari Pesisiran dari kota Tegal. Penonton pun tidak beranjak dari tempatnya, tetap setia menonton gelaran ini sampai akhir. (Red.HP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 − nine =