Desa Kaliprau Tampilkan Tari “Tani Melati” Di Sampan Pantura

0
342

Pemalang, Harian Pemalang – Pemerintah Desa Kaliprau berlolaborasi dengan sanggar Seni Kaloka sebagai binaan dari Dinas Pendidikan dan  kebudayaan pemerintah kabupaten Pemalang berkesempatan menampilkan tari kreasi “Tani Melati” di acara event bersama wilayah Sapta mitra pantura (SAMPAN) se Eks Pekalongan, yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Tengah, dengan tuan rumah dinas pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pemalang di alun-alun Kabupaten Pemalang, Sabtu (26/8/2017) dimulai pukul 20.00 wib sampai hampir tengah malam.

Menurut Casroni, Kepala Desa Kaliprau, Kecamatan Ulujami, Tari Tani Melati ini merupakan gambaran masyarakat petani pesisir pantai utara Jawa (pantura) terutama di desa Kaliprau yang banyak dijumpai petani bunga melati.

Tari garapan koreografer Bayu Kusuma Listyanto, S.Sn, dengan penata iringan tari Drs. Koestoro dan penata kostum Meifitrianika, S.Pd., ini mempunyai sinopsis sebagai tarian yang menggambarkan aktivitas kehidupan dipesisir Utara Jawa (pantura) terutama di desa Kaliprau, Ulujami.

“Takkala takbir menggema dari delapan penjuru mata angin dan lasuardi senja telah berganti halimun. Subuh diiringi bedug bertalu talu menyeruak pagi, kalimah-kalimah khususnya warga desa Kaliprau beranjak, bergegas, berangkat ke ladang untuk memetik, menyortir, serta meronce Melati.” ungkap pembawa acara membacakan sinopsis Tari Tani Melati dengan diiringi lenggak lenggok empat pasang muda mudi membuka tarian.

Tari “Tani Melati” ini juga mendapatkan applaus dari penonton dan tamu undangan di acara event sampan Pantura ini (Red.HP)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty + 10 =