Jiwa Kartika Eka Paksi Harus Dimiliki Anggota Kodim 0711 Pemalang

0
81

Pemalang, Harian Pemalang – Prajurit Kodim 0711/Pemalang baik Perwira, bintara dan tantama  mengikuti kegiatan sosialisasi Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi yang dilaksanakan di Aula Makodim 0711/Pemalang Jl. Brigjen Katamso No. 43 Pemalang pada Senin (28/08). Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Kasdim 0711/Pemalang Mayor Inf Ahmad mewakili Dandim.

Kegiatan diawali dengan pemutaran film cikal bakal berdirinya TNI, dilanjutkan dengan penjelasan tentang doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi yang disampaikan oleh Danramil 08/Randudongkal Kapten Cpm Suwaryo, lebih lanjut beliau menyampaikan latar belakang, hakekat, kedudukan dan landasan doktrin, peran, tugas dan fungsi TNI AD, hakekat ancaman, damai, konflik dan perang, pembinaan TNI AD, penggunaan TNI AD dan wewenang.

Sosialisasi ini mempunyai tujuan untuk memberikan informasi dan sekaligus menyamakan visi, persepsi dan interprestasi terhadap Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi sehingga dapat dipahami dan diimplementasikan secara benar oleh seluruh prajurit Kodim 0711/Pemalang, pada khususnya dan TNI AD pada umumnya. Beliau menambahkan bahwa doktrin merupakan suatu pedoman berisikan ajaran yang diyakini kebenarannya sesuai perkembangan lingkungan strategis dan dilandasi pengalaman sesuai sejarah yang panjang serta tetap memegang teguh prinsip perjuangan TNI AD.

SedangkanKegunaandoktrinmerupakanpedomandasardalammembangun dan mengembangkanposturTNI-AD yang dapatdiandalkansebagaikomponenutamadalamsistempertahanankita, DoktrinKartikaEkaPaksi yang diaturdalamUndang-UndangNomor 34 Tahun 2004 tentangTNIpasal 8 menjelaskanbahwaTNI-ADmelaksanakantugasTNImatradarat di bidangpertahanan, menjagakeamananwilayahperbatasandaratdengannegara lain, membangun dan mengembangkankekuatanmatradarat dan memberdayakanwilayahpertahanan di daratdigunakandalambentukpengerahanbaikdenganmenjalankanfungsiBintermaupunPertempuran. BahwaTNI-AD yang kuatsenantiasamenjunjungcita-cita yang tinggi, sertakeprajuritansejati yang diwujudkanmelaluikesanggupan, kerelaan dan ketetapanhatisetiapprajuritTNI-ADuntukmempertahankan Tanah Air sampaititikdarahpenghabisan yang dilandasikeyakinanakanniat dan keinginanluhurdalammembelakeadilansuci dan kebenaranmurni. (Red.HP)

 

 

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

four + thirteen =