Komandan Unit Damkar Pemalang : Hati-Hati Terhadap Kebakaran Lahan

0
121
Ke

Pemalang, Harian Pemalang – Musim kemarau, panas terik matahari yang menyengat dan angin yang kencang sebenarnya memberi pertanda kita untuk waspada akan kebakaran. Seperti yang terjadi, Sabtu (26/8/2017) siang hari, lahan seluas 1,6 hektar di hutan jati petak 56-57 KRPH Manunggal KPH Pemalang, Desa Kebongede Kec. Bantarbolang Kab. Pemalang, tepatnya di pinggir jalan raya Pemalang-Purwokerto, terbakar.

“Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan polisi,” jelas Kapolsek Bantarbolang, AKP Sriyanto.

Dalam kejadian tersebut, menurut Kapolsek tidak ada korban jiwa. Kobaran api melahap alang-alang, rumput semak-semak dan daun jati kering.

Petugas pemadam kebakaran dibantu oleh Polri, TNI dan warga berhasil memadamkan api pukul 14.30 WIB.

Kejadian kebakaran lahan pun terjadi pula di kebun tebu di desa Surajaya dekat dengan obyek wisata Wippas, Senin (28/8/2017) di siang hari.

Menurut Diar Hendratmo, Komandan Unit Damkar Satpol PP pemerintah kabupaten Pemalang, “kebakaran ini disebabkan oleh petani membakar ilalang dekat kebun tebu, karena angin yang kencang maka api menyambar perkebunan tebu tersebut.”

Unit Pemadam Kebakaran menggerakkan kemampuannya secara maksimal, di dukung dengan tiga unit mobil taktis Pemadam bergerak cepat ke lokasi, sampai sore hari lahan yang terbakar masih belum sepenuhnya padam.

Penduduk yang dekat dengan lokasi kebakaran juga sudah bersiap untuk melakukan evakuasi kalau dibutuhkan.

“Kerugian yang disebabkan oleh kebakaran ini masih di hitung boleh pihak yang berwenang.” ungkap Diar. (Red.HP)

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen − eight =