Jangan Gunakan Kantong Plastik Sebagai Pembungkus Daging Qurban

0
111
Babinsa desa widodaren pak Darno dan pak Slamet ikut meminalisir penggunaan kantong plastik

Pemalang, Harian Pemalang – Selamat Hari Raya Idul Adha 1438 H yang bertepatan dengan hari Jum’at (1/9/2017). Setelah sholat idul Adha sampai tiga hari tasrik (senin, 4/9/2017) panitia idul adha ataupun idul qurban akan melaksanakan penyembelihan hewan kurban dan membagikan kepada pihak-pihak yang berhak mendapatkan daging kurban tersebut.

Dalam distribusi hewan qurban yang sudah dipotong potong, Panitia penyaluran daging qurban biasanya menggunaka kantong plastik atau kantong kresek baik warna putih maupun warna lainnya untuk memudahkan pendistribusian.

Seperti yang pernah diperingatkan oleh para ahli kesehatan tentang bahaya tas plastik maupun para ahli lingkungan tentang dampak negatif penggunaan plastik bagi lingkungan.

Oleh karena perlu adanya kampanye penyadaran mengenai dampak penggunaan kantong plastik. Seperti yang diungkapkan dalam laman www.dietkantongplastik.com dengan tajuk “Idul Adha Bebas Kantong Plastik” ada beberapa pilihan sebagai alternatif pembungkus pengganti kantong plastik, antara lain : daun pisang, daun jati, beserta bambu, tantangan makanan atau makanan tebal berkode plastik 5 (PP).

Diet plastik, idul adha bebas kantong plastik

Dalam pendistribusian daging kurban kali ini, masyarakat desa Widodaren Rt 27/rw 28 Petarukan, Pemalang mempelopori pendistribusian daging hewan qurban menggunakan daun jati maupun daun pisang.

Seperti yang diungkapkan oleh salah satu panitia pelaksana penyembelihan hewan qurban di desa Widodaren ini, Tarto Budi Harsono, bahwa pendistribusian daging hewan qurban kali ini kami menggunakan daun jati dan daun pisang sebagai pembungkusnya.

“Ini upaya kami untuk menjaga lingkungan, go green. Kalau kami masih dapat menggunakan bahan selain tas plastik maka kami akan upayakan.” ujar Tarto ketika mendistribusikan daging kurban ke masyarakat menggunakan daun jati dan pisang (Red.HP)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

seventeen + 13 =