DLH Kabupaten Pemalang Gerak Cepat Ambil Sampel Air Sungai Sragi Yang Diduga Tercemar

0
179
Staff DLH mengambil sampel air di sungai Sragi yang diduga Tercemar

Pemalang – Setelah mendapat aduan masyarakat yang di jembatani oleh AWPI. Dinas Lingkungan hidup (DLH) Kabupaten Pemalang menurunkan tim untuk mengambil sempel air Sungai Sragi yang melintasi Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Senin (4/9).

Baca juga :

https://harianpemalang.com/2017/09/05/aduan-masyarakat-mengenai-pencemaran-sungai-sragi-dijembatani-awpi/

“Kami langsung turun ke lokasi setelah mendapat pengaduan dari warga tentang adanya pencemaran limbah di Sungai Sragi,” kata Asti Staff DLH.

Staff DLH Kabupaten pemalang mengambil sampel air di 3 titik di aliran sungai Sragi 

Untuk melakukan uji laboratorium terhadap air yang tercemar limbah caranya tersendiri. Mulai dari jumlah volum air yang diambil, lokasi pencemaranya dan proses penyimpananya. Air yang terkena limbah diambil dari tiga tempat diantaranya sempel yang pertama air diambil dari tambak yang ikanya mati. sempel yang kedua dari air sungai yang tercemar, sempel yang ketiga diambil dari sekitar sungai. Semua itu dilakukan untuk mengetahui penyebab dari limbah itu berasal.

“Pengambilan air sungai yang terkena pencemaran limbah tidak dilakukan dengan sembarang. Karena ada tiga sempel yang diambil untuk mengetahui limbah tersebut berasal,” ujar Raharjo Kepala Bidang Pengendalian dan Konservasi Linkungan.

Kemudian akan dilakukan uji laboratorium untuk mengetahui limbah yang mencemari Sungai Sragi. Karena kandungan limbah tersebut bisa bersumber dari industri, udang fanami atau dari sumber yang lain. Proses pencemaran air sungai awalnya masuk ke laut dan kembali ke tambak dan sungai. Sehingga menyebabkan limbah bercampur dengan air sungai yang menyebabkan berbau dan ikan yang mati.

“Setelah melakukan uji laboratorium kami akan mengetahui kandungan dari pencemaran limbah tersebut terhadap kelangsungan ekosistem sungai,” tandasnya. (Red.HP)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 + 10 =