Warga Pemalang Siap Bentuk Forum Peduli HIV/Aids

0
78
H. Warnoto Sekertaris KPAK Pemalang ketika di Diwawancarai di kantornya Selasa (5/9/2017). 

Pemalang, Harian Pemalang – Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kabupaten (KPAK) Pemalang, berencana bentuk  forum warga peduli HIV/AIDS yang ditempatkan di 10 desa/kelurahan dan berada di 3 (tiga) Kecamatan di Wilayah Kabupaten Pemalang,  Jawa Tengah .

“Pembentukkan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman  masyarakat tentang  pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS, serta membantu warga yang terkena virus tersebut untuk dilakukan pengobatan ke layanan kesehatan”, kata H. Warnoto Sekertaris KPAK Pemalang ketika di Diwawancarai di kantornya Selasa (5/9/2017).

Lebih lanjut Warnoto mengatakan,  rencana pembentukkan forum HIV  tersebut akan dilaksanakan dalam waktu dekat karena sudah menjadi program KPAK Pemalang tahun 2017 , forum terebut  nantinya akan bekerja di tingkat desa/kelurahan yang berada di tiga kecamatan yaitu Pemalang, Taman dan Petarukan, “Semua anggota forum berasal dari unsur yang ada  di desa dan ada 10 unsur yang kami rekrut yaiitu kades/kalur, sekdes/seklur, ketua rw, bidan Desa/kelurahan, kader kesehatan,  karang taruna,  tokoh Agama,  tokoh masyarakat,  Kader PKK,  Organisasi profesi, mereka adalah kader desa,” imbuhnya.

Lanang Buana salah seorang staf KPAK Pemalang menambahkan Pembentukkan forum itu terkait dengan ditemukanya kasus HIV/AIDS di desa tersebut, nantinya setelah relawan ini terbentuk akan diberi pengarahan dan  pengetahuan yang koprehensif sebagai pedoman masing-masing desa, dengan adanya forum tersebut diharapkan mampu mensosialisaikan pengetahuan HIV/AIDS kepada masayarakat dan membantu warga yang dalam rangka pengobatannya. “Tugas pokok forum adalah mengidentifikasikan warga yang terindikasi untuk segera diantar ke layanan kesehatan, selama ini warga yang terkena HIV/AIDS selalu distigma dan didiskriminasikan, semoga dengan adanya forum ini mampu menyadarkan masyarakat untuk membantu pengidap HIV/AIDS,” pungkasnya.(Red.HP)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

15 − eight =