Danamon dan Yayasan Danamon Peduli Dorong Geliat Usaha UKM Kota Pekalongan

Kembangkan Eksistensi Kota Pekalongan Sebagai Sentra Industri Batik Nasional

0
104
Kegiatan pelatihan dan diskusi bagi pelaku usaha kecil dan menengah bertajuk “Strategi Menghadapi Dampak Positif-Negatif Pembangunan untuk Pengembangan Industri Batik”. Kegiatan yang melibatkan 50 UKM Kota Pekalongan.

Pekalongan, Harian Pemalang –  Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli), Rabu (6/9/2017) menggelar kegiatan pelatihan dan diskusi bagi pelaku usaha kecil dan menengah bertajuk “Strategi Menghadapi Dampak Positif-Negatif Pembangunan untuk Pengembangan Industri Batik”. Kegiatan yang melibatkan 50 UKM Kota Pekalongan ini dibuka oleh Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Zainul Hakim, SH, M. Hum.

Sejak 2010 Danamon Peduli, bekerja sama dengan Pemerintah Kota Pekalongan dalam program revitalisasi pasar rakyat bertajuk Pasar SEJAHTERA (Sehat, Hijau, Bersih dan Terawat). Pasar SEJAHTERA merupakan program revitalisasi yang meliputi aspek fisik dan non fisik dari pasar rakyat. Peningkatan kapasitas dilakukan di antaranya melalui kegiatan pelatihan sebagai salah satu bentuk dukungan non fisik terhadap keberadaan pelaku usaha UMKM, baik dalam ruang lingkup pasar tradisional (pasar rakyat) maupun UMKM secara umum.

“Pembangunan jalan tol di Batang – Pemalang di Jawa Tengah mempunyai dampak positif dan negatif. Meskipun tidak secara langsung dilewati jalan tol, namun Kota Pekalongan yang bersinggungan dengan Kabupaten Pekalongan harus bersiap menghadapi potensi bisnis yang ditimbulkan. Sebagai sentra industri batik di Indonesia, pelaku usaha yang ada di Kota Pekalongan perlu terus mengembangkan usahanya. Untuk itu, Danamon Peduli bermitra dengan Pemerintah Kota Pekalongan memfasilitasi pelatihan sekaligus diskusi UKM sebagai wadah komunikasi dan bertukar pikiran bagi pemangku kepentingan industri batik di Pekalongan untuk dapat menyusun langkah dan strategi menghadapi peluang dan tantangan dari pembangunan jalan tol tersebut” jelas Restu Pratiwi Ketua Umum Yayasan Danamon Peduli.

Seperti yang kita ketahui, bahwa adanya jalan tol memperbesar kemungkinan waktu tempuh menuju Kota Pekalongan menjadi semakin cepat, sehingga hal ini menjadi daya tarik dan potensi mendatangkan banyak wisatawan maupun pelaku usaha ke Kota Pekalongan. Namun di lain pihak adanya jalan tol yang menghubungkan ke banyak tujuan kota lainnya memungkinkan pengguna jalan tol untuk tidak melewati atau singgah ke Kota Pekalongan sehingga ada kemungkinan hilangnya kesempatan terjadi interaksi dan perdagangan.

Untuk itu, pada kesempatan ini Danamon Peduli menghadirkan nara sumber Kepala Bappeda Kota Pekalongan Ir. Anita Heru Kusumo Rini guna membuka wawasan peserta untuk mampu mempersiapkan langkah antisipasi dan menyusun strategi dalam menghadapi berbagai dampak pembangunan bagi usahanya.

Untuk kegiatan pelatihan dan literasi keuangan UMKM, Yayasan Danamon Peduli mengalokasikan anggaran sebesar Rp 250.000.000,- (dua ratus lima puluh juta rupiah) selama tahun 2017 dengan sasaran lokasi pelatihan di D.I. Yogyakarta, Pekalongan, Probolinggo, dan Balikpapan.

Yayasan Danamon Peduli
Yayasan Danamon Peduli resmi dibentuk oleh PT Bank Danamon Indonesia Tbk dan PT Adira Dinamika Multifinance, Tbk. pada 17 Februari 2006. Program-program Yayasan Danamon Peduli bertujuan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan yang bermanfaat langsung pada masyarakat dan melibatkan relawan dari lingkungan keluarga besar Danamon. Dalam kiprahnya, Danamon Peduli secara konsisten berperan sebagai mitra pembangunan dengan program-programnya yang inovatif dengan tujuan berkontribusi pada prioritas pembangunan serta berkelanjutan dan dapat dikembangkan oleh berbagai pihak lain.

Sejak tahun 2010, Danamon Peduli menjalankan program Pasar SEJAHTERA sebagai investasi sosial perusahaan dengan fokus pelaksanaan pada empat komponen kegiatan, yaitu: (1) Peningkatan kondisi fisik pasar; (2) Intervensi perubahan perilaku; (3) Peningkatan komitmen pemerintah; dan (4) Peningkatan dukungan masyarakat. Saat ini, terdapat sembilan pasar percontohan Pasar SEJAHTERA, yaitu Pasar Ibuh-Payakumbuh di Sumatera Barat, Pasar Tejoagung Metro di Lampung, Pasar Sindangkasih-Majalengka di Jawa Barat, Pasar Bunder-Sragen di Jawa Tengah, Pasar Grogolan-Pekalongan di Jawa Tengah, Pasar Baru-Kota Probolinggo dan Pasar Semampir Kabupaten Probolinggo di Jawa Timur, Pasar Kemuning-Pontianak di Kalimantan Barat, dan Pasar Lambocca Bantaeng di Sulawesi Selatan. Dari jumlah tersebut, dua pasar yaitu Pasar Sindangkasih dan Pasar Semampir telah diserahterimakan kepada pemerintah setempat.

Selain melalui kegiatan Pasar SEJAHTERA ini, Danamon Peduli mewujudkan misi melalui program Cepat Tanggap Bencana, Danamon Peduli bekerja sama dengan para relawan dari karyawan Danamon dan Adira menyalurkan bantuan cepat kepada masyarakat yang terkena bencana selain juga melakukan beberapa kegiatan edukasi masyarakat dalam upaya mencegah dan memitigasi dampak bencana.

Sejak didirikannya, Yayasan Danamon Peduli juga telah meraih beberapa penghargaan antara lain juara ke-2 tingkat dunia BBC World Challenge 2009, MDGs Award 2009 untuk kategori pengentasan kemiskinan. Pada tahun 2011, Program Pasar Sejahtera mendapatkan penghargaan Asia Responsible Entrepreneurship Award untuk kategori Green Leadership. Pada pertengahan tahun ini, Yayasan Danamon Peduli menerima penghargaan dari Warta Ekonomi Social Business Inovation Award 2014 untuk kategori Best Sustainable Business Innovation Company in Clean Market Programme. Kuartal pertama 2015, Yayasan Danamon Peduli meraih Center for Entrepreneurship, Change and Third Sector (CECT) CSR Award 2015 kategori “Overall Performance in Banking Sector” dari Universitas Trisakti. Tahun 2016, Danamon Peduli menjadi salah satu pembicara mewakili Indonesia di Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa yaitu Habitat III di Quito, Ekuador. Di awal tahun ini Danamon Peduli menerima penghargaan TOP CSR 2017 untuk kategori program yang selaras dengan Nawacita 6: Revitalisasi Pasar Tradisional.

PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk. 
PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. berdiri sejak 1956, berkomitmen menjadi lembaga keuangan yang fokus pada nasabah, serta menawarkan produk dan layanan berkualitas dengan dukungan teknologi terkini. Hal ini sejalan dengan visi, “Kami peduli dan membantu jutaan orang mencapai kesejahteraan”.

Per 31 Maret 2017, Danamon mengelola aset sebesar Rp171 triliun bersama anak perusahaannya, yaitu PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (Adira Finance) dan PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance). Dalam hal kepemilikan saham, 67,37% saham Danamon dimiliki oleh Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd., 6,58% oleh JPMCB-Franklin Templeton Investment Funds dan 26,05% dimiliki oleh publik.

Danamon didukung oleh lebih dari 1.700 jaringan kantor cabang konvensional, unit Syariah dan kantor cabang anak perusahaannya serta lebih dari 60.000 ATM melalui kerja sama dengan ATM Bersama, PRIMA dan ALTO yang tersebar di 34 provinsi.

Sebagai satu-satunya penerbit kartu debit, kartu ATM dan Kartu Kredit Manchester United di Indonesia serta penerbit kartu kredit American Express, Danamon juga menawarkan nilai lebih yang unik bagi nasabahnya. Dengan beragam produk keuangan seperti Danamon Lebih, FlexiMax, Tabungan Bisa iB, Dana Pinter 50, KAB Bisa, dan Asuransi Primajaga, Danamon memungkinkan nasabah dari berbagai segmen untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Selain jaringan fisik, layanan Danamon dapat diakses melalui Danamon Online Banking, aplikasi D-Mobile dan D-Card, dan SMS Banking.

Danamon menerima penghargaan “The Best in the Financial Sector” dan “Top 50 Publicly Listed Companies” pada ajang The 8th Indonesia Institute for Corporate Directorship (IICD) Award 2016. Dalam skala internasional, Danamon menerima penghargaan ‘Indonesia’s 1st Best Local Cash Management Bank in the Small Size of Annual Sales Turnover’ dari Asiamoney pada ajang the Asiamoney Summer Awards Dinner. Danamon meraih dua penghargaan dalam Retail Banker International Asia Trailblazer Awards 2017 untuk kategori Best Digital Marketing Campaign dan Best Marketing Campaign Overall atas inovasi dalam layanan dan operasionalnya.

Untuk informasi dan terkoneksi dengan Danamon, silahkan akses www.danamon.co.id atau kanal media sosial, yaitu: Facebook (Bank Danamon), Twitter (@danamon), Instagram (@myDanamon) dan LinkedIn (Bank Danamon Indonesia). (Red.HP)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

eighteen − seventeen =