Melek IT, Lomba Website Desa Ke 2 Kabupaten Pemalang Digelar

0
150
Poster lomba website desa di selenggarakan oleh Dispermades dan Puspindes Pemalang

Pemalang, Harian Pemalang – Pemerintah Kabupaten Pemalang dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (Dispermades) bekerjasama dengan Pusat Pemberdayaan Informasi dan Desa (Puspindes) Pemalang menggelar lomba website desa yang6 ke dua tahun 2017.

“Lomba website desa Ini diharapkan bisa mewujudkan desa-desa yang informatif dan melek IT” kata Muslimin, salah satu panitia pelaksana dari perwakilan Puspindes, menerangkan tujuan dari lomba website desa ini, Sabtu (9/9/2017).

Pada gelaran lomba desa tahun kemarin, website desa dari desa Clekatakan mampu menjuarai lomba tersebut. Mampukah desa clekatakan mempertahankan prestasinya atau desa desa lainnya justru berlomba lomba merebut posisi teratas.

211 Desa yang tersebar di 14 kecamatan se kabupaten Pemalang, secara otomatis menjadi peserta di lomba website desa ini. Ketentuan lomba lainnya dimana desa harus memiliki akun Twitter official dari desa dan wajib menfollow twitter @puspindes. Menggunakan domain desa.id atau sub domain desakupemalang.id dan tidak diperbolehkan menggunakan blogspot. Dan satu desa satu website.

Bentuk Web yang diikutsertakan lomba merupakan sebuah website yang berisikan tentang informasi yang ada di Desa, boleh menggunakan CMS WordPress atau yang lainnya. Website dilarang berisikan konten tentang desa lainnya.

Peserta lomba harus mengikuti aturan yang berlaku, nantinya 15 Desa terbaik akan diundang untuk presentasi didepan juri sesuai tanggal yang sudah ditetapkan.

Menurut muslim, dalam website Desa ini harus berisi konten wajib berupa home/beranda, profil desa, demografi desa, kelembagaan desa, keuangan dan transparansi APBDes, Petarukan Desa, Produk Desa, inovasi desa. Disamping itu akan selalu pantau guna penilaian adalah keaktifan atau up date berita desa di website tersebut.

Dipesmades dan Puspindes sudah mensosialisasikan lomba website ini sehingga diharapkan desa-desa sudah mulai bersiap dan aktif dalam pengelolaan website tersebut. Dewan juri sudah memantau dan menilai website desa se Pemalang ini mulai 20 Juli dan akan berakhir pada 10 Desember 2017. Pada 13 Desember rencananya, Administratur website desa yang masuk nominasi 15 besar akan diundang untuk mepresentasikan website nya didepan dewan juri dan baru 20 Desember 2017 dewan juri akan mengumumkan juara lomba desa ini.

Selain menentukan juara satu sampai juara harapan 3, dewan juri juga akan memberikan juara katagori favorit.

“Juara favorit ini ditentukan oleh inovasi website tersebut, misalnya website tersebut dapat mengkoneksikan dengan pelayanan kepada masyarakat, serta aktif dan selalu update berita yang berkenaan dengan kejadian dan kemajuan desanya.” ungkap Muslimin menutup pembicaraan. (Red.HP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven − 9 =