KM. Indah Kris Dihantam Ombak, Tenggelam Di perairan Laut Jawa

0
246
KM. Indah Kris setelah dihantam ombak, mengalami kebocoran, mengakibatkan Kapal berbobot 90 Gt ini tenggelam di perairan laut Jawa, sekitar Mojo, Ulujami, Pemalang

Pemalang, Harian Pemalang – Kecelakaan Kapal akibat cuaca buruk di perairan Jawa di alami oleh KM Indah Kris yang berbobot GT 20 No. 1751/Da. Call Sign. YB. 4321 dengan Pemilik Indah Sulartiningrum Yang beralamat di Jakarta Pusat.

KM. Indah Kris yang dinahkodai oleh Adi Wicaksono dan ABK Achmad Rifai berlayar dari pelabuhan pantai Mutiara pada jum’at, (8/9/2017) sekira pukul 05.00 Wib dengan tujuan Lamongan, sekira jam 17.00 wib kapal posisi di perairan indramayu kapal diterjang ombak besar dan cuaca yang kurang bersahabat, mengetahui hal tersebut nahkoda berusaha untuk menghindari cuaca buruk dan meneruskan perjalanan ke Lamongan.

Sabtu (9/9/2017) sekira pukul 09.00 wib KM Indah Kris posisi di perairan utara pemalang mengalami kebocoran di bagian haluan kapal, nahkoda beserta abk berusaha melakukan pengurasan dengan cara memasang alkon pompa air di bagian depan dan dibantu menguras air secara manual dengan tetap melayarkan kapal menepi. Nahkoda kapal berusaha menyiarkan kondisi kapal melalui siaran marabahaya pada radio komunikasi kapal “mayday mayday mayday ” namun tidak ada balasan dari kapal lain maupun  stasiun radio pantai lainnya.

Sekira pukul 15.00 wib KM Indah Kris berada di posisi di utara perairan Comal (6°24’894″ LS 109°37’900″ BT ) ditolong oleh dua kapal nelayan KM SRI REJEKI dan KM SEKAR PAWITAN yang saat itu posisi di utara perairan comal hendak menuju TPI MOJO. Nahkoda KM INDAH KRIS beserta ABK dibantu oleh awak kapal sri rejeki dan sekar pawitan berusaha mengevakuasi kapal menuju ke tepi dan menyelamatkan barang barang km indah kris, namun pada posisi ( 6°38’587″ LS 109°34’016″ BT ) tali penarik yang digunakan untuk menarik km Indah  Kris  ke tepi putus, upaya penyambungan tali dan penarikan kembali tidak dapat dilakukan karena kondisi perairan yg kurang bersahabat, nahkoda beserta abk indah kris dibawa oleh km sri rejeki dan km sekar pawitan menuju ke dermaga tpi mojo, pada hari minggu, sekira pukul 04.00 wib nahkoda km Indah Kris beserta ABK merapat di dermaga TPI mojo dalam kondisi selamat, serta nahkoda dapat menyelamatkan surat surat kapal dan data kepemilikan kapal.

Diperkirakan kerugian mencapai 2 milyar. Kejadian nin baru dilaporkan ke Sat Polair, Minggu, (10/9/ 2017) pukul 10.00 WIB. (Red.HP)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen + five =