Kebijakan Kependudukan Untuk Dukung Pemutakhiran DPT Pilgub Jateng

0
78

Pemalang, Harian Pemalang – Jelang Pemilihan Gubernur Jawa Tengah yang akan segera tentunya perlu penataan administrasi kependudukan yang baik untuk menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang valid. Beberapa permasalah administrasi kependudukan yang sering menjadi permasalahan di tiap pemilihan umum perlu penanganan yang serius sehingga perlu   kebijakan administrasi  kependudukan yang menunjang hal tersebut.

Kepala disdukcatpil Kabupaten Pemalang melalui Sukendro Kabid pencatatan sipil, ketika ditemui dikantornya, Senin (18/9/2017) mengatakan adanya perubahan asas peristiwa menjadi asal domisili sehingga KTP EL menjadi berlaku semur hidup sepanjang tidak ada elemen data yang dirubah. Kemudian pelayanan adminduk tidak boleh dipungut biaya/gratis. Serta data kependudukan untuk keperluan pembangunan menggunakan data KEMENDAGRI. Sehingga percepatan peningkatan cakupan akta kelahiran, pengurusan KTP-el dan akta kelahiran tanpa adanya pengataar RT,RW, Kel/desa, kartu identitas penduduk untuk semua usia.

“Kinerja adminduk yang saat ini dilakukan dengan cepat adalah mulai dari perekaman, pencetakan, penerimaan dan penyediaa blangko KTP el serta data cakupan akta kelahiran. Semua pendukung itu harus segera dilakukan sebagai bentuk pendataan penduduk untuk persiapan Pilgub,”katanya.

Sukendro mengungkpakan saat ini Jumlah penduduk Indonesia 1.471.174 jiwa yang sudah wajib ktp 1.071.722 jiwa. Sedangkan yang sudah rekam KTP 1.005.805 jiwa, yang belum melakukan perekaman 65.917 jiwa. Sehingga jumlah penduduk yang sudah melakukan perekaman 93.85%. Saat ini beberapa kendala menjadikan perekaman menjadi terhambat antara lain wajib KTP yang menggunakan surat boro kerja di luar kota, belum semua tercetak fisik, manula dan penambahan wajib KTP el pemula.Data penduduk pemalang yang pindah 39.762, meninggal 3.269, penduduk datang 27.340 dengan data tersebut Disdukcapil dapat membantu dalam menentukan Data Pemilih Sementara (DPS).

“Strategi percepatan penyelesaian perekaman ktp el sudah kami upayakan yaitu dengan pelayanan keliling, pelayanan terpadu adminduk, jemput bola ke desa, pelayanan home vsit. Dengan langkah tersebut mampu mendukungan data untuk pemuktahiran data KPU Pemalang,” ungkapnya. (Red.HP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty − 6 =